Penghargaan Abel, Pengganti Nobel Bidang Matematika Selain Medali Fields




penghargaan Abel
Pernghargaan Abel merupakan penghargaan untuk bidang matematika. (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hadiah Nobel memang tidak diberikan kepada para pakar Matematika, meskipun banyak matematikawan yang mendapatkan hadiah Nobel dari bidang yang lain. Sebagai gantinya, terdapat penghargaan Abel dari Raja Norwegia yang diberikan kepada matematikawan yang berjasa.

Penghargaan Abel ini diberikan sejak tahun 2003, walaupun telah diumumkan sejak dua tahun sebelumnya. Hadiah dari Raja Norwegia ini disebut-sebut sebagai Nobel-nya Matematika, sebab Nobel tidak memberikan penghargaan untuk bidang matematika.

Nama penghargaan ini diambil dari matematikawan Norwegia yang bernama Niels Henrik Abel (1802-1829). Diperlukan waktu satu abad untuk memutuskan pemberian hadiah ini sejak diinisiasi pada tahun 1902.

BACA JUGA:

Pada tahun 1902, Raja Oscar II dari Swedia dan Norwegia telah menunjukkan kesediaanya untuk membiayai hadiah matematika ini.

Penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Norwegia ini awalnya sebesar 200 juta kroon Norwegia atau sekitar USD23 juta, tetapi sekarang penghargaannya sebesar sekitar USD1 juta. Jumlah yang hampir sama dengan hadiah Nobel.  Awalnya hadiah ini berasal dari yayasan Abel, tetapi sekarang hadiah tersebut dibiayai melalui anggaran nasional.

Sejak pertama diberikan pada tahun 2003 hingga tahun 2020 penghargaan Abel telah diberikan kepada 22 pakar matematika. Dari 22 pakar tersebut, hanya terdapat satu penerima penghargaan yang berjenis kelamin perempuan, yakni Karen Uhlenbeck dari Amerika. Karena menerima penghargaan Abel ini pada tahun 2019. Karen merupakan perempuan pertama yang menerima penghargaan ini.

Pengajuan nominasi hadiah Abel ini terbuka untuk umum. Nominator haruslah orang yang masih hidup. Jika penerima penghargaan meninggal setelah dinyatakan sebagai pemenang, hadiah akan diberikan penyelenggara secara anumerta.

Penghargaan Abel ini disebut sebagai penghargaan kedua tertinggi untuk matematika setelah Medali Fields.

The Fields Medal merupakan hadiah yang diberikan kepada matematikawan yang berusia di bawah 40 tahun di Kongres Internasional dari Uni Matematika. Penghargaan ini disebut sebagai penghargaan tertinggi di bidang matematika.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*