Pemenang KSN Didominasi Zona Barat, Wardaya College Inisiasi IRC 2021

Peserta OSN Astronomi Tingkat SMA di Manado
Peserta OSN Astronomi Tingkat SMA di Manado (KalderaNews/psma.kemdikbud)

JAKARTA, KalderaNews.com – Lomba-lomba akademis, termasuk Kompetisi Sains Nasional (KSN), biasanya didominasi oleh peserta dari Indonesia bagian Barat. Misalnya, di KSN 2020 yang baru lalu, 70% medali di jenjang SD dan SMP dimenangkan oleh peserta didik dari Indonesia bagian Barat.

Di tingkat SMA, angkanya jauh lebih tinggi lagi, yaitu di kisaran 85%. Guna mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan merata, sebuah situs belajar online/e-learning Wardaya College yang fokus pada persiapan lomba akademis menghelat Indonesia Regional Competition (IRC) 2021, ajang kompetisi 2 mata pelajaran Matematika dan Fisika khusus untuk peserta didik yang maksimal duduk di kelas 11 (kelas 2 SMA).

Dalam siaran pers yang diterima KalderaNews, IRC 2021 akan dihelat pada 21 Maret-13 Juni 2021. Sejauh ini jumlah peserta lomba sudah mencapai lebih dari 500 orang dari 25 provinsi.

BACA JUGA:

Indonesia Barat: Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah

Indonesia Tengah dan Timur: Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur Kalimantan Timur Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, Papua Barat.

Pembagian lomba menjadi 2 zona ini menjadi langkah strategis untuk mengidentifikasi pemenang-pemenang dari Indonesia bagian Tengah dan Timur. Selanjutnya, Wardaya College berkomitmen melatih para pemenang IRC untuk mempersiapkan diri menghadapi lomba-lomba di tingkat nasional dan internasional, termasuk KSN 2021 dan 2022.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*