Pengidap Disleksia Tetap Bisa Berprestasi




Lintang Ismaya Puteri Santano atau yang akrab disapa Lilya, murid kelas 8 Sekolah Cikal Serpong
Lintang Ismaya Puteri Santano atau yang akrab disapa Lilya, murid kelas 8 Sekolah Cikal Serpong (KalderaNews/Dok. Cikal)

JAKARTA, KalderaNews.com – Banyak orang tua di masa pandemi ini menghadapi tantangan dalam mendampingi anak-anak mereka yang mengidap disleksia. Disleksia adalah gangguan dalam proses belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, menulis atau mengeja.

Penderita disleksia akan kesulitan dalam mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan dan mengubahnya menjadi huruf atau kalimat. Disleksia tergolong gangguan saraf pada bagian otak yang memroses bahasa dan dapat dijumpai pada anak-anak atau orang dewasa. Meskipun individu dengan disleksia kesulitan dalam belajar, penyakit ini tidak memengaruhi tingkat kecerdasan seseorang.

BACA JUGA:

Salah satu bukti nyatanya hadir dari Lintang Ismaya Puteri Santano atau yang akrab disapa Lilya, murid kelas 8 Sekolah Cikal Serpong. Sebagai pengidap disleksia, ia berhasil menciptakan karya di masa pandemi berupa lagu berjudul “Chosen” atau “Terpilih”.

“Kalau ditanya kenapa memilih judul Chosen, aku ingin menyampaikan bahwa disleksia itu sebenarnya hadiah dari Tuhan (A Gift from God). Tidak semua orang terpilih dapat hadiah tersebut. Jadi, kita itu spesial, dan terpilih,” akunya.

Diakuinya, secara umum dalam proses pembuatan lagu, khususnya dalam penyusunan melodi dan lirik, memang lumayan susah karena ia mengidap disleksia dan secara karakter pribadi tergolong perfeksionis.

“Bersyukurnya aku didampingi guru musikku, jadi semua berjalan lancar,” aku gadis cilik yang akrab disapa Lilya itu.

Melalui karyanya, Lilya ingin menyemangati dan menginspirasi teman-teman sebaya seusianya yang juga mengidap disleksia agar tidak merasa rendah diri, dan melihat sisi baik dari disleksia, bukan sebagai kekurangan melainkan kelebihan.

“Kalian pasti bisa percaya diri, bisa buat karya juga kaya aku dan menginspirasi yang lainnya,” pesannya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*