UMY Sediakan Ribuan Menu Buka dan Sahur Gratis Khusus untuk Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KalderaNews/Ist)
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KalderaNews.com/Ist)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadan 1442 H, unit layanan PT. Umat Mandiri Berkemajuan (UMB) Boga Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyiapkan makanan berbuka puasa secara gratis.

Makanan itu disiapkan khusus untuk mahasiswa UMY. Kegiatan seperti ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2020.

“Kami senang dan bersyukur kembali dipercaya untuk menyiapkan makanan berbuka dan sahur untuk mahasiswa tahun ini,” ujar koordinator UMB Boga Veri, Sabtu (17/4).

BACA JUGA:

Pada hari pertama puasa yang jatuh 13 April 2021, UMY membagikan 1.000 paket menu berbuka dan 500 paket sahur untuk mahasiswa secara cuma-cuma.

Tak disangka animo mahasiswa begitu tinggi, banyak sekali mahasiswa yang datang ke kampus sehingga beberapa dari mereka ada yang tidak kebagian.

Melihat kondisi tersebut, UMY menambah jumlah makanan berbuka menjadi 1500 dan 1000 untuk sahur pada hari kedua, dan 2500 menu berbuka tanpa sahur di hari ketiga.

Tentu saja untuk menyiapkan makanan dengan jumlah ribuan per harinya dibutuhkan jumlah orang yang tak sedikit.

“Semua kami kelola sendiri. Kami memiliki 70 orang yang kami libatkan untuk melakukan proses memasak dan sebagainya,” ungkap Veri.

Dari 70 orang tersebut dibagi ke dalam beberapa tim yang terdiri dari tim dapur, tim packing, dan tim yang mempersiapkan dus makanan.

“Semua bertanggung jawab pada pekerjaan masing-masing, dan sejauh ini berjalan lancar, meskipun kami juga masih mengerjakan pesanan harian selain berbuka untuk mahasiswa,” jelas Veri lebih lanjut.

Untuk menu makanan, UMB Boga UMY memiliki konsep dalam seminggu itu berbeda jenisnya. Tak main-main, untuk menyiapkan menu berbuka per harinya menghabiskan 3 kwintal beras, 300 kg ayam, 200 kg ikan gurame.

“Kami juga terus mengevaluasi, apabila ada masukan dari panitia mengenai lauk pauk makanan berbuka itu, ya kami terima dan terapkan. Fungsinya agar mempermudah kami dalam berbelanja bahan,” imbuh Veri lagi.

Untuk menghindari penyebaran covid-19, UMB Boga UMY sangat memperhatikan protokol kesehatan.

“Soal protokol kesehatan, kami sudah mewajibkan ke semua orang yang terlibat di UMB Boga, untuk selalu menggunakan masker, sarung tangan plastik bagi yang menyentuh makanan secara langsung, dan pembatasan jumlah orang dalam satu tempat. Kami juga membentuk tim satgas Covid-19,” tutup Veri.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*