Butuh Kreativitas Orisinal, 110 Juta Pekerja IT Dibutuhkan pada 2025 Mendatang




Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)
Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)(KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kaprodi Sistem Informasi Kampus Utama Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), Sriyadi, M.Kom menekankan pentingnya berpikir kreatif di tengah era digital saat ini. Hal ini ditegaskannya di webinar “Berpikir Kreatif dan Kritis Untuk Berinovasi” yang diselenggarakan Program Studi Sistem Informasi Kampus Utama Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

Ia mengakui era digital saat ini menghasilkan peluang dan ancaman bagi lulusan bidang IT. Peluang itu ada seiring meningkatnya kebutuhan akan tenaga kerja bidang IT serta munculnya peluang bisnis IT. Sementara itu, otomatisasi pekerjaan dan daya saing dengan tenaga kerja asing menjadi ancaman di era digital.

BACA JUGA:

Oleh karena itu, kreativitas sangat diperlukan bagi para lulusan terutama program Studi Sistem Informasi. Kreatif itu penting agar mampu bersaing dengan lulusan universitas lain.

Sementara itu, Dwi Aji Mardiyanto dari PT. PT Javan Cipta Solusi yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun di dunia IT secara spesifik menerangkan tentang peluang dan ancaman bagi lulusan di era digital.

Dari sisi peluang diungkapkannya kalau sebanyak 110 juta pekerja IT dibutuhkan pada tahun 2025, sementara itu ancaman yang mungkin terjadi adalah 56% dari pekerjaan akan hilang dalam 10-20 tahun lagi karena adanya otomatisasi pekerjaan.

Ia pun menekankan pentingnya kreativitas yang idenya orisinal serta tahu bagaimana ide tersebut dapat direalisasikan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*