Yes! Temuan Baru Biosensor pada Masker Pendeteksi Virus Covid-19

Sharing for Empowerment

Hasil penelitian dari MIT dan Harvard ini dipublikasikan melalui laman Nature Biotechnology. Dalam publikasi hasil penelitian tersebut disebutkan bahwa masker KN95 yang ditambahkan biosensor dapat mendeteksi virus hanya dalam waktu kurang dari 90 menit setelah sensor diakftifkan.

Bila dibandingan dengan hasil tes usap PCR (Polymerase Chain Reaction) tingkat akurasi biosensor ini diklaim sebanding atau akurat. Bedanya, dengan memakai biosensor ini, pasien tidak perlu dilakukan swab pada nasofaring.

Penggunakan masker dengan biosensor ini dapat mendeteksi virus dengan teknik yang melibatkan ekstraksi dan pengeringan beku atau freeze dried mesin molekuler, serta membuat sel membaca dan menyampaikan materi genetik.

Biosensor pada masker ini dapat diaktifkan dengan tombol serta aplikasi seluler yang akan menunjukkan hasil deteksi. Saat tombol ditekan, biosensor akan mendeteksi adanya percikan air yang masuk ke dalam sensor, misalnya droplet. Jika terdapat virus yang terdeteksi pada alat, sensor akan mengirimkan sinyal digital melalui aplikasi seluler.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*