Duh, Mulai Malas Belajar di Rumah, Yuk Usir dengan 5 Cara Ini




Ilustrasi: Tips menata ruang agar betah belajar di rumah. (Ist.)
Ilustrasi: Tips menata ruang agar betah belajar di rumah. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hampir 17 bulan, kita belajar dari rumah. Bosan, sudah pasti. Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang sudah direncana dimulai awal tahun ajaran ini pun kandas.

Pandemik kembali bergejolak. Angka kasus Covid-19 kian melonjak. Menutup pintu berdiam diri rumah dan membatasi mobilitas adalah cara terbaik menghindari penularan virus.

BACA JUGA:

So, untuk melawan rasa malas belajar selama di rumah, inilah 5 cara yang bisa kamu lakukan:

Cari teman belajar

Di awal tahun ajaran baru ini, tentu kamu memiliki teman, baik teman lama maupun yang baru. Nah, agar kamu makin termotivasi dalam belajar, carilah teman yang bisa diajak belajar bersama secara online.

Teman di sini bisa dalam beragam bentuk, bisa memang benar-benar teman yang diajak bergabung belajar secara online, tapi juga bisa berupa hewan piaraan atau apapun yang bisa menemani kamu saat belajar.

Buat grup chat

Masih berkait dengan poin yang pertama, sebaiknya kamu membuat grup chat teman-teman kamu di sekolah. Selain untuk belajar bersama, kamu bisa gunakan grup tersebut untuk melepas kangen dengan teman-teman.

Buat jadwal belajar

Belajar di rumah memang berbeda sekali. Kuncinya, kamu harus disiplin dengan jadwal belajar yang telah dibuat. Maka, buat jadwal belajar yang teratur dan jangan tunda-tunda tugas sekolah agar hasilnya memuaskan. Tentukan target harian serta jam belajar setiap hari dengan tetap mempertimbangkan kemampuan kamu.

Tes kemampuanmu

Saat ini ada beragam aplikasi pembelajaran online yang bisa kamu pakai untuk mengetahui kemampuan kamu. Gunakan itu secara berkala agar kamu mengukur tingkat penguasaan suatu materi pembelajaran.

Melakukan hobi

Jika “virus” malas dan bosan mulai merasuki tubuhmu, sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk melakukan hobi kamu. Ini sebagai cara untuk menyegarkan kembali otak dan tubuh kamu. Sebaiknya kamu melakukan hobi dengan tetap di rumah saja, seperti berolahraga, membaca, menulis, memasak, berkebun, atau main game.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*