Gratis, Galeri Nasional Indonesia Gelar Tur Virtual Menjelajah Karya Seni Indonesia




Galeri Nasional Indonesia jakarta
Galeri Nasional Indonesia Jakarta. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Untuk menyambut Hari Anak Nasional 2021, Galeri Nasional Indonesia, Direktorat Jenderal Kebudayaan Bersama dengan The Asian Parent (tAp) Indonesia akan menghadirkan tur virtual khusus untuk anak dengan memanfaatkan teknologi video 360° dan layar hijau (green screen), Jumat, 23 Juli 2021, pukul 10.00—11.30 WIB.

Acara yang dapat diakses melalui aplikasi Zoom gratis dengan mendaftar melalui tautan berikut: bit.ly/tapvtrori3.

Kepala Galeri Nasional, Pustanto mengatakan bahwa tur virtual ini adalah yang pertama yang khusus ditujukan bagi anak-anak. Dalam tur virtual ini, anak-anak akan diajak mengenal seni rupa dengan bahasa yang mudah dimengerti.

“Materi akan disesuaikan sehingga sesuai untuk anak dan tentunya dikemas semenarik mungkin agar anak-anak tertarik untuk belajar,” ungkap Pustanto.

BACA JUGA:

Karena pesertanya anak-anak, tur virtual ini akan memilih karya yang objeknya dekat dengan anak atau sering ditemui anak dalam keseharian. Pustanto mencontohkan, lukisan-lukisan dengan figur ibu, kakak, adik, tanaman, hewan, pasar, kapal, bentuk-bentuk geometri, dan warna akan mendominasi tur ini.

Beberapa karya seni yang akan ditampilkan diantaranya karya Raden Saleh “Kapal Tenggelam”, Basoeki Abdullah “Kakak dan Adik”, Affandi “Ibu”, Kartono Yudhokusumo “Anggrek”, Suromo DS “Pasar”, dan beberapa karya lain. Nantinya tur akan dipandu oleh tim Galeri Nasional.

Selanjutnya, Pustanto berharap, tur virtual ini selain dapat meramaikan perayaan Hari Anak Nasional 2021. Tahun ini, perayaan ini mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Dalam tur ini, Galeri Nasional menjadi representasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dengan bekerja sama dengan the Asian Parent Indonesia, Putranto berharap lembaga ini juga akan membantu Kemendikbudristek untuk mengenalkan program-program kementerian kepada masyarakat Indonesia. Ia mengapresiasi the Asian Parent Indonesia sebagai situs pengasuhan (parenting) nomor 1 di Asia Tenggara.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*