Inilah Kisi-Kisi Resmi dan Lengkap KSN Tingkat SMP pada November 2021




Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat SMP akan dilaksanakan pada November 2021. Ajang silaturahmi para pencinta sains tingkat SMP sekaligus wahana kompetisi bagi siswa/i SMP/MTS negeri/swasta dan/atau yang sederajat di seluruh Indonesia ini mempertandingkan bidang 3 studi yakni Matematika, IPA, dan IPS.

Nah, guna menyiapkan diri dengan kompetsi ini Pusat Prestasi Nasional telah mengeluarkan silabusnya. Adapun lingkup materi silabus KSN didasarkan kepada Kurikulum 2013 dan silabus Kompetisi internasional. Dari ruang lingkup tersebut diperoleh materi-materi soal yang sesuai kebutuhan KSN, selanjutnya materi ini dituangkan dalam silabus KSN.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi menegaska kompetensi yang diharapkan dari peserta KSN adalah keterampilan-keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills atau HOTS). Lingkup materi yang tercantum dalam silabus ini merupakan bahan acuan untuk menyusun kisi-kisi soal KSN dan naskah soal KSN yang dapat diinterpretasikan ke dalam tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda.

BACA JUGA:

Tingkat kesulitan dibuat berjenjang, dimana soal untuk tingkat nasional relatif lebih sulit dibandingkan dengan tingkat provinsi, kemudian untuk soal tingkat provinsi relatif lebih sulit dibandingkan tingkat kabupten/kota.

Isi silabus ini terdiri dari tiga bidang studi yang dilombakan yaitu: Matematika, IPA, dan IPS. Silabus ini dapat menjadi panduan dan berfungsi menyatukan pemahaman dan menyamakan interpretasi para guru dan pembina dalam menyiapkan peserta didik untuk menghadapi Kompetisi Sains Nasional pada babak penyisihan dan final tingkat nasional, sekaligus memperjelas arah pembinaan Matematika, IPA, dan IPS.

Berikut ini isi lengkap silabus tersebut:

Silabus Bidang Matematika (Bilangan, Aljabar, Geometri, Statistika dan Peluang dan Kapita Selekta)

Silabus Bidang IPA (Besaran, Satuan dan Pengukuran, Zat dan Kalor, Energi, Gerak dan Gaya, Fluida, Getaran, Gelombang dan Bunyi, Cahaya dan Optika, Kelistrikan dan kemagnetan, Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA), Makhluk hidup dan lingkungannya, Keanekaragaman dan pengelompokan makhluk hidup, Organisasi kehidupan, Ekologi, Struktur dan fungsi tumbuhan, Sistem –sistem pada manusia dan hewan, Pewarisan sifat, Bioteknologi, Forensik dan eksperimen).

Silabus Bidang IPS (Kondisi Geografi Indonesia, Interaksi antar ruang yang diakibatkan faktor alam, manusia, dan pengaruhnya terhadap kelangsungan kehidupan di negara asean, Perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negaranegara Asia dan negara-negara di benua lainnya serta dampaknya bagi kehidupan manusia, Kelembagaan Sosial (Institusi Sosial), Dinamika Interaksi Manusia, Penyimpangan Sosial, Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam, Sosial, Budaya, dan Ekonomi, Dinamika Interaksi Sosial Manusia dengan Lingkungannya dalam Konteks Pembangunan di Indonesia, Mobilitas sosial, Pluralitas, Konflik dan integrasi, Interaksi antara manusia dan ruang terkait kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi), Arus lingkaran kegiatan, ekonomi, Interaksi Sosial Manusia dengan Lingkungannya dalam Konteks Pembangunan ekonomi di Indonesia, Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Pra Aksara, Hindu-Budha dan Islam dalam aspek geografi, ekonomi, budaya, politik, Perubahan dan kesinambungan sosial, budaya, ekonomi, politik dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan, Perubahan awal kemerdekaan ditinjau dari segi sosial, politik, ekonomi)

Nah, untuk informasi penjelasan dan rincian lebih dalam dari kisi-kisi tersebut, silakan unduh Kisi-Kisi Resmi Matematika, IPA dan IPS KSN SD 2021.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*