Twibbon Tahun Baru Islam Serta Keutamaan dan Amalan Sunnah Muharram

Ilustrasi: Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1433. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1433. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pekan kedua bulan Agustus ini akan bersamaan dengan dimulainya tahun baru Islam 1443 Hijriah. Bulan pertama dalam hitungan tahun baru Islam disebut Muharram. Bulan ini memiliki banyak keutamaan sehingga bila mengerjakan amalan sunnah pada bulan ini, maka pahala yang didapatkan akan makin banyak.

Muharram disebut juga bulan suci kedua dalam penanggalan Islam setelah bulan Ramadan. Tahun baru Islam merupakan penanda perjalanan hijrahnya Nabi Muhammad Saw dari Mekkah menuju Madinah yakni pada tanggal 1 Muharram.

BACA JUGA:

Begitu utamanya bulan Muharram ini, hingga Nabi Muhammad melakukan beberapa amalan utama, yakni:

  1. Puasa Asyura.

Puasa Asyura atau puasa 10 Muharram ini sesuai dengan hadis Abu Hurairah yang berbynyi “Seseorang datang kepada Rasulullah Saw, ia bertanya setelah Ramadan puasa apa yang lebih afdal? Nabi menjawab: “Puasa di Bulan Allah, yaitu bulan yang alian sebut dengan Muharram” (HR. Ibnu Majjah).

Keutamaan puasa pada bulan Muharram adalah penghapusan dosa setahun yang lalu. Puasa Asyura atau puasa 10 Muharram jatuh pada Kamis, 19 Agustus 2021. Amalan puasa ini akan lebih sempurna bila dilakukan sejak tanggal 8, 9, 10 Muharram.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*