Dosen UNRIYO Kembangkan Aplikasi Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Anak Kalurahan

Tim PKM UNRIYO bersama Kepala Desa Triharjo Pandak II Bantul beserta para staf. (KalderaNews.com/ Ist
Tim PKM UNRIYO bersama Kepala Desa Triharjo Pandak II Bantul beserta para staf. (KalderaNews.com/ Ist

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Satu lagi inovasi dari Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO). Tiga dosen dari kampus ini mengembangkan aplikasi smartphone bernama SiKIA (Aplikasi Kesehatan Ibu dan Anak). Aplikasi ini dikembangkan dalam upaya peningkatan layanan kesehatan ibu dan anak.

Keunggulan aplikasi ini adalah dapat semakin meningkatkan efektifitas pendokumentasian kegiatan Posyandu balita dan ibu hamil. Pendokumentasian ini perlu karena di masa pandemi Covid-19 hal ini sulit dilakukan.

Tiga dosen yang terlibat dalam pengembangan inovasi Desa Cerdas ini adalah Venny Vidayanti (ketua), Sri Hasta Mulyani, dan Rizky Erwanto. Aplikasi ini dibuat berbasis pemberdayaan masyarakat dan merupakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

BACA JUGA:

Dengan SiKIA, Posyandu dan ibu-ibu dapat melakukan pemantauan kesehatan balita pada kegiatan posyandu. Di aplikasi ini juga menjadi media informasi pencegahan stunting dan pemantauan kondisi kehamilan serta pemahaman tanda bahaya kehamilan.

“Keberhasilan program ini akan membawa manfaat bagi kader dan petugas puskesmas untuk menjadi data rekapitulasi pendokumentasian tumbuh kembang balita serta kesehatan ibu hamil,” terang Rizky yang juga merupakan Dosen Program Studi Keperawatan tersebut.

Pengenalan awal aplikasi dan dimulainya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UNRIYO ini bertempat di Kalurahan Triharjo, Wates, Kulon Progo, Yogyakarta. Lurah Triharjo, Suwardi mengatakan kerja sama dengan UNRIYO ini diharapkan meningkatkan produktifitas kader Posyandu dalam berkontribusi dan bersinergi dengan upaya promotif, preventif pada kesehatan balita dan ibu hamil.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*