5 Oktober, Hari Guru Sedunia (World Teacher’s Day), Inilah Tema Perayaannya




Guru dan murid di kelas, Sekolah termahal di Jakarta, Sekolah mahal Jakarta,
Guru dan murid di kelas (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia atau World Teacher’s Day. Di Indonesia juga ada perayaan khusus Hari Guru Nasional tiap 25 November.

Dan ternyata, negara-negara juga memiliki perayaan khusus bagi para guru. Misal, di Amerika Serikat yang jatuh pada minggu pertama Mei, Argentina pada 11 September, Hong Kong pada 10 September, dan Korea Selatan pada 15 Mei.

Sementara, Indonesia setiap 25 November yang bertepatan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

BACA JUGA:

Hari Guru Sedunia bermula pada 5 Oktober 1994. Saat itu, UNESCO dan International Labour Organization (ILO) atau organisasi buruh internasional menggelar konferensi di Paris, Perancis. Konferensi itu merekomendasi status guru yang disebut Recommendations Concering the Status of Teachers. Pada saat itulah ditetapkan World Teacher’s Day.

Pada 2021 ini, Hari Guru Sedunia mengangkat tema “Teachers at the heart of education recovery”. Di tengah pandemi Covid-19, guru menjadi “jantung” dari pemulihan kondisi pendidikan yang ikut terpuruk. Guru mesti menjadi motor penggerak pemulihan kembali suasana sekolah yang sepi selama pandemi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*