Belajar Menjadi Pengusaha Sejak Dini Lewat PENABUR Apprentice 2021




penabur apprentice
Ketua BPK Penabur Jakarta, Ir. Anton Yuwono dalam closing ceremomy Penabur Apprentice, Senin, 25 Oktober 2021. (KalderaNews/Lita Mayasari)

JAKARTA, KalderaNews.com – Wirausaha merupakan istilah yang telah lekat dengan generasi Z. Generasi Z pada umumnya sudah memiliki kemampuan dan pemahaman mengenai wirausaha. Namun, mereka perlu dibekali dari pengetahuan maupun praktis sehingga bisa lebih siap dalam menjalankan bisnis nantinya. BPK PENABUR Jakarta melalui PENABUR Apprentice memberikan wadah kepada peserta didik jenjang SLTA untuk mengembangkan kemampuan wirausaha mereka. 

Melalui PENABUR Apprentice, peserta didik mengenal dan mempelajari dunia wirausaha secara langsung dari pebisnis profesional yang tergabung dalam Sales Director Indonesia (SDI). Para mentor praktisi ini membekali peserta PENABUR Apprentice mengenai berbagai aspek wirausaha seperti business planning, riset data, marketing, komunikasi, dan lain-lainnya. 

BACA JUGA:

“Seringkali hal ini baru didapatkan saat anak-anak menjadi mahasiswa, dan ketika masuk dunia kerja sudah terlambat. Dengan mengikuti PENABUR Apprentice yang diadakan saat sekolah, wawasan anak-anak dapat dibukakan. Sehingga saat masuk kuliah, mereka sudah siap dan lebih matang. Saat lulus kuliah, mereka sudah sangat kompeten untuk bekerja maupun bewirausaha,” jelas Dedy Budiman, founder SDI.

Untuk mengembangkan kemampuan wirausaha, tentunya ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Seseorang harus mau belajar, berani untuk mempraktikan serta semangat untuk terus mencoba ketika gagal. Hal-hal inilah yang ditempa dalam diri para peserta PENABUR Apprentice.

Menurut Dedy, awalnya kemampuan & pemahaman para peserta mengenai wirausaha masih standar. Tetapi para peserta dapat mengikuti workshop dan mentoring dengan baik, sehingga kompetensi mereka muncul dan terasah.

Kegiatan yang berlangsung sejak  Agustus hingga Oktober 2021 ini diikuti oleh 24 tim dari lima sekolah, yaitu SMAK 7 PENABUR, SMAK PENABUR Harapan Indah, SMAK PENABUR Summarecon Bekasi, SMAK PENABUR Kota Jababeka, dan SMAK PENABUR Kota Wisata.

Claudia Basilea Tomatala, anggota tim BSG dari SMAK PENABUR Harapan Indah menuturkan tentang pengalamannya mengikuti kegiatan yang dapat ia aplikasikan nantinya di masa depan. llmu mengenai dunia kerja dan wirausaha dari para mentor sangat membantu terutama pada evaluasi yang diberikan secara ahli terhadap project yang dibuat.

Setelah mengikuti rangkaian proses, pada 23 Oktober 2021 Grand Final PENABUR Apprentice telah diselenggarakan secara virtual dimana para peserta mempresentasikan final project yang telah mereka buat. Kemudian peserta dengan final project terbaik akan diumumkan dalam acara virtual Closing Ceremony & Awarding PENABUR Apprentice pada 25 Oktober 2021 Pukul 14.00-16.00.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*