BPK PENABUR Jakarta Bekali Siswa dengan Soft Skill Kewirausahaan

Managing Director Matrix NAP Info, Thomas Dragono
Managing Director Matrix NAP Info, Thomas Dragono (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Untuk belajar menjadi wirausaha tak kenal umur. Belajar menjadi pengusaha bisa dimulai sejak dini. Nah, SLTAK PENABUR Jakarta memberikan wadah untuk melatih remaja agar memiliki kemampuan, motivasi, dan soft skill dalam kewirausahaan melalui PENABUR Apprentice.

Kegiatan ini diikuti kelas 11 dari lima sekolah, yaitu SMAK 7 PENABUR, SMAK PENABUR Harapan Indah, SMAK PENABUR Summarecon Bekasi, SMAK PENABUR Kota Jababeka, dan SMAK PENABUR Kota Wisata.

BACA JUGA:

“Ini merupakan pilot project dari BPK PENABUR Jakarta dan yang pertama di level sekolah. Peserta akan dibekali dan didampingi para profesional di bidang entrepreneurship dari Sales Director Indonesia, yang akan bekerja sama dengan BPK PENABUR Jakarta dalam kegiatan ini. Kami berharap ke depan skalanya mencapai nasional,” ungkap Ir. Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta dalam konferensi pers yang diadakan Sabtu, 7 Agustus 2021.

Hadir dalam konferensi pers Managing Director Matrix NAP Info, Thomas Dragono, Director dan Founder MaxiSolusi, Adyo Bawono dan Sales & Marketing Director Transvision, Brando Tengdom, Pengurus BPK PENABUR Jakarta, Yosafat Adrian Wiguna dan Dedy Budiman.

PENABUR Apprentice merupakan satu bentuk pembelajaran yang bertujuan mengasah kemampuan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication). Dalam program ini, para peserta dilatih menjadi kreatif dalam berinovasi untuk mengembangkan ide bisnis, berpikir kritis saat memecahkan masalah dalam menjalankan bisnis, berkomunikasi dengan jelas saat merealisasikan ide bisnis, serta dapat bekerjasama dalam tim.

PENABUR Apprentice ini untuk tahun ini masih dalam tahap pilot project khusus untuk lima sekolah tersebut. Bila program ini berhasil, dimungkinkan program ini berkelanjutan dan dibuka untuk sekolah-sekolah lain serta berskala nasional. “Program ini bukan untuk menciptakan pengusaha, tapi yang paling penting adalah memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan kewirausahaan kepada siswa,” ujar Antono.

Jadwal PENABUR Apprentice:

  • Pendaftaran program ini berlangsung pada Senin, 9 Agustus 2021 dan ditutup pada 13 Agustus 2021.
  • Setelah pendaftaran akan ada tahapan seleksi administrasi, seleksi profil video perkenalan dan komitmen tim, serta seleksi final yang diumumkan pada 24 Agustus 2021.
  • Workshop dan mentoring ini akan berlangsung selama lima minggu dan dilakukan secara bertahap dari 30 Agustus 2021 hingga 22 Oktober 2021.
  • Usai mendapatkan pembekalan dan pelatihan mengenai entrepreneurship, peserta akan merealisasikan pengetahuan yang didapat dengan membuat final project dan dikumpulkan pada 23 Oktober 2021.
  • Peserta wajib mempresentasikan karya mereka pada 24 Oktober 2021.
  • Pengumuman pemenang pada 25 Oktober 2021. Pemenang akan mendapat hadiah berupa uang tunai, plakat, serta portofolio yang dapat menjadi bekal untuk bekerja secara profesional di masa mendatang.

Para peserta yang lolos akan dibekali pengetahuan mengenai tahapan berbisnis seperti Business Plan, Riset dan Analisis Data, Strategi Promosi, Social Media Marketing, serta Presentasi. Peserta juga akan melakukan praktik lewat project di setiap tahapan, di mana semuanya berlangsung daring.

Kelas-kelas workshop dan mentoring juga akan disesuaikan dengan waktu belajar para siswa. Sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar di sekolah masing-masing.

Di dalam sesi ini, SLTAK PENABUR Jakarta bekerjasama dengan pebisnis profesional yang tergabung dalam Sales Director Indonesia (SDI), yaitu Transvision, Matrix NAP, Maxi Solusi, NCS, dan RB Consulting.

Menurut Reni Siregar, President Director NCS dan Ketua Umum SDI, membangun bisnis membutuhkan kemauan. “Tidak hanya memiliki kemampuan, tetapi remaja juga harus mau untuk memulainya, dan orangtua harus mendukung apa yang dilakukan anak,” ujarnya.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*