Inilah Daftar Lengkap Pemenang Hadiah Nobel 2021

Medali Hadiah Nobel
Medali Hadiah Nobel (Foto: Wikimedia Commons)

JAKARTA, KalderaNews.com – Penghargaan Nobel diberikan setiap tahun pada tokoh-tokoh yang telah melakukan penelitian yang luar biasa, menemukan teknik atau peralatan yang baru atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat dunia sesuai bidangnya.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis dan penemu dinamit di Swedia. Alfred Nobel menandatangani wasiat tersebut di Swedish-Norwegian Club di Paris pada tanggal 27 November 1895.

Sejak 1901 penghargaan Nobel diberikan untuk pencapaian dalam 6 bidang yakni Nobel Fisika (ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia), Nobel Kimia (ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia), Nobel Fisiologi atau Kedokteran (ditentukan oleh the Karolinska Institute), Sastra (ditentukan oleh the Swedish Academy) dan Nobel Perdamaian (ditentukan oleh sebuah komite yang ditunjuk oleh Norwegian Storting)

BACA JUGA:

Pada 2020 ini penerima Nobel Ekonomi telah diumumkan pada Senin, 12 Oktober 2020, yakni Ekonom AS Paul Milgrom dan Robert Wilson untuk perbaikan teori lelang dan penemuan format lelang baru (Baca: Ekonom AS Paul Milgrom dan Robert Wilson Menangi Nobel Ekonomi 2020)

Lalu Siapakah Pemenang Hadiah Nobel pada 2021? Berikut ini daftar lengkapnya:

1). Pemenang Nobel Kedokteran 2021

David Julius dan Ardem Patapoutian, pemenang Hadiah Nobel 2021 di bidang kedokteran dan fisiologi. (KalderaNews.com/@NobelPrize)
David Julius dan Ardem Patapoutian, pemenang Hadiah Nobel 2021 di bidang kedokteran dan fisiologi. (KalderaNews.com/@NobelPrize)

Dua ilmuwan biologi molekuler Amerika, David Julius dan Ardem Patapoutian berhasil memenangkan Nobel Kedokteran 2021 atas temuan mereka terkait reseptor suhu dan sentuhan pada Senin, 4 Oktober 2021.

Selengkapnya: David Julius dan Ardem Patapoutian Gondol Hadiah Nobel Kedokteran 2021

2). Pemenang Nobel Fisika 2021

Syukuro Manabe, Klaus Hasselmann, Giorgio Parisi memenangkan Hadiah Nobel Fisika 2021. (KalderaNews.com/@NobelPrize)
Syukuro Manabe, Klaus Hasselmann, Giorgio Parisi memenangkan Hadiah Nobel Fisika 2021. (KalderaNews.com/@NobelPrize)

Syukuro Manabe, keturunan Jepang yang lahir di Amerika, Klaus Hasselmann dari Jerman, dan Giorgio Parisi dari Italia memenangkan Hadiah Nobel Fisika 2021. Mereka diberikan penghargaan untuk kontribusi dalam melakukan terobosan pada pemahaman tentang sistem fisika yang kompleks.

Selengkapnya: Manabe, Hasselmann, dan Parisi, Trio Pemenang Nobel Fisika 2021

3). Pemenang Nobel Kimia 2021

ilmuwan Jerman Benjamin List dari Max Planck Institute dan ilmuwan kelahiran Skotlandia David W.C. MacMillan dari Universitas Princeton.
Ilmuwan Jerman Benjamin List dari Max Planck Institute dan ilmuwan kelahiran Skotlandia David W.C. MacMillan dari Universitas Princeton (KalderaNews/Dok. Nobel Prize Outreach)

Hadiah Nobel Kimia 2021 dianugerahkan Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia pada ilmuwan Jerman Benjamin List dari Max Planck Institute dan ilmuwan kelahiran Skotlandia David W.C. MacMillan dari Universitas Princeton.

Selengkapnya: Benjamin List dan David W.C. MacMillan Sabet Hadiah Nobel Kimia 2021

4). Pemenang Nobel Sastra 2021

Penulis Tanzania, Abdulrazak Gurnah, Pemenang Hadiah Nobel Sastra 2021
Penulis Tanzania, Abdulrazak Gurnah, Pemenang Hadiah Nobel Sastra 2021 (Foto: The Nobel Prize)

Penulis Tanzania, Abdulrazak Gurnah dianugerahi Hadiah Nobel Sastra 2021 pada Kamis, 7 Oktober 2021 untuk karya-karya yang mengeksplorasi warisan imperialisme pada individu-individu yang tercerabut.

Selengkapnya: Novelis Abdulrazak Gurnah dari Tanzania Gondol Hadiah Nobel Sastra 2021

5). Pemenang Nobel Perdamaian 2021

Maria Ressa dan Dmitry Muratov, peraih Nobel Perdamaian 2021. (KalderaNews.com/@NobelPrize)
Maria Ressa dan Dmitry Muratov, peraih Nobel Perdamaian 2021. (KalderaNews.com/@NobelPrize)

Komite Nobel Norwegia memutuskan untuk menganugerahkan Hadiah Nobel Perdamaian 2021 kepada Maria Ressa dari Filipina dan Dmitry Muratov dari Rusia atas upaya mereka untuk menjaga kebebasan berekspresi, yang merupakan prasyarat bagi demokrasi dan perdamaian abadi.

Selengkapnya: Dua Jurnalis, Maria Ressa dan Dmitry Muratov, Peraih Nobel Perdamaian 2021

6). Pemenang Nobel Ekonomi 2021

Pemenang Nobel Ekonomi 2021: David Card, Joshua D. Angrist dan Guido W. Imbens
Pemenang Nobel Ekonomi 2021: David Card, Joshua D. Angrist dan Guido W. Imbens (Foto: The Nobel Prize)

Ekonom David Card, Joshua Angrist dan Guido Imbens memenangkan hadiah Nobel Ekonomi 2021, kata Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, Senin, 11 Oktober 2021.

Selengkapnya: David Card (Kanada), Joshua Angrist (AS) dan Guido Imbens (Belanda/AS) Memenangkan Hadiah Nobel Ekonomi 2021

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*