A Better Future for Every Child, Tema Perayaan Hari Anak Sedunia, 20 November 2021




Ilustrasi: Hari Anak Sedunia 2021. (KalderaNews.com/Dok.UNICEF)
Ilustrasi: Hari Anak Sedunia 2021. (KalderaNews.com/Dok.UNICEF)

JAKARTA, KalderaNews.com – Warga dunia akan memperingati Hari Anak Sedunia 2021 pada Sabtu, 20 November. Tahun ini, perayaan Hari Anak Sedunia akan fokus pada persoalan baru terkikisnya hak-hak anak akibat pandemi Covid-19. Maka, tema Hari Anak Sedunia 2021 adalah “A Better Future for Every Child”.

Hari Anak Sedunia pertama kali dicetuskan pada 1954 sebagai Hari Anak Universal tiap 20 November. Pada 20 November 1959, Majelis Umum PBB membuat Deklarasi Hak-Hak Anak. Tiga dasawarsa kemudian, 20 November 1990, Majelis Umum PBB mendeklarasikan Konvensi Hak-Hak Anak.

BACA JUGA:

Perayaan Hari Anak Sedunia 2021 menandai peringatan 31 tahun Konvensi Hak Anak. Konvensi Hak Anak menjabarkan komitmen global yang mengikat pada hak-hak yang melekat pada setiap anak.

Pada konvensi tersebut perwakilan bangsa-bangsa bersatu dan berjanji kepada anak-anak dunia untuk mengakui keunikan anak-anak, dan berjanji untuk memberi mereka makanan, perawatan kesehatan, pendidikan, dan perlindungan.

Tetapi, pandemi Covid-19 mengakibatkan krisis hak-hak anak. Beban kesehatan akibat pandemi yang menyerang anak-anak bersifat langsung dan bila tidak ditangani dapat melekat seumur hidup.

Pandemi ini telah menunjukkan ketaksetaraan memengaruhi hak setiap anak. Hak-hak yang terkikis itu meliputi dampak perubahan iklim, akses pendidikan dan kesehatan mental, hingga mengakhiri rasisme dan diskriminasi.

Perayaan Hari Anak Sedunia menjadi momen penting untuk menyuarakan isu-isu penting bagi anak-anak, serta menyerukan kepada setiap orang dewasa agar turut serta dalam menciptakan sebuah masa depan yang lebih baik. Saatnya, dunia mendengarkan suara anak-anak!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*