Hai Ayah Bunda, Inilah Tip Memilih Sekolah Dasar Islam Terbaik Buat Anak




Peserta didik Sekolah Dasar (SD)
Peserta didik Sekolah Dasar (SD) (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendidikan anak menjadi hal yang penting untuk diperhatikan orang tua..Tidak hanya pendidikan untuk ilmu pengetahuan umum, tetapi ilmu agama juga hal yang penting. Kedua ilmu ini harus sama-sama diperhatikan.

Pendidikan agama juga harus mulai ditanamkan sejak dini. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan pendidikan dan pengetahuan agama adalah dengan memasukkan anak ke sekolah Islam.

BACA JUGA:

Inilah tip memilih sekolah dasar Islam untuk anak kesayangan. Simak baik-baik, ya

Tetapkan tujuan

Tujuan orang tua untuk memilih sekolah Sekolah Dasar Islam adalah untuk meningkatkan pendidikan agama bagi anak. Tujuan ini harus lurus sejak awal. Jangan sampai mendaftar Sekolah Dasar Islam hanya karena tren belaka atau gengsi.

Kemampuan orang tua

Orang tua perlu melihat kemampuannya dalam mendidikan anak, baik itu secara  fisik maupun finansial. Jika orang tua tidak mampu secara fisik, maka tidak wajib mendidik anaknya sendiri, melainkan bisa diserahan kepada guru. Jika orang tua tidak mampu secara finansial, tidak boleh memaksaan untuk mendidik anak di sekolah mahal.

Kurikulum sekolah

Orang tua perlu memilih sekolah yang memiliki kurikulum sesuai dengan ajaran Islam. Sehngga para pelajar bisa mencintai dan menaati Alah dan Rasul-Nya.

Kualitas guru

Guru yang bai adalah guru yang mengaplikasikan ajaran Islam dalam kegiatannya sehari-hari, selalu ingin memberikan yang terbaik kepada murid, dan saling membantu dengan orang tua murid. Caranya dengan mengecek terlebih dahulu dafatar guru yang bekerja di sekolah agar anak tidak mendapatkan giri yang tidak sesuai.

Fasilitas sekolah

Pilihlah sekolah yang mempunyai fasilitas nyaman dana man agar anak bisa lebih maksimal dalam belajar.

Lokasi dan lingkungan

Pilih sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah. Lingkungan yang bagus di sekolah juga bisa berpengaruh pada kenyamanan anak belajar.

Budaya sekolah

Sekolah Dasar Islam yang harus dipilih adalah sekolah yang memiliki budaya yang mendidik, seperti budaya disiplin waktu, budaya membaca, budaya akhlak mulia, dan lainnya.

Ekstrakurikuler yang tersedia

Jika sekolah memiliki beragam ekstrakurikuler, maka anak leluasa memilih yang sesuai dengan bakat dan minatnya.

Menyesuaikan diri dengan minat anak

Sekolah Dasar Islam yang dipilih harus sesuai dengan minat dan kemampuan anak. Jika anak mempunyai kemampuan akademik yang lebih, maka anak dapat didaftarkan pada kelas akselerasi.

Panduan di atas dapat digunakan oleh orang tua untuk mencari Sekolah Dasar Islam yang paling tepat untuk anak. Dengan membuat daftar item yang harus dicari tahu dapat membantu orang tua untuk mencari sekolah yang paling tepat.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*