SDK PENABUR Jakarta Asah Kemampuan 4C Melalui Lomba Debat Antar Sekolah




4.0 Competition SDK PENABUR Jakarta
Lomba Debat di ajang 4.0 Competition SDK PENABUR Jakarta (KalderaNews/Dok.Humas PENABUR)

JAKARTA, KalderaNews.com – SDK PENABUR Jakarta kembali menyelenggarakan 4.0 Competition bagi peserta didik. Opening Ceremony 4.0 Competition telah berlangsung pada 8 Oktober 2021 di YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta https://youtu.be/aB-oSS19Z0Y

Lomba debat merupakan satu dari berbagai jenis perlombaan pada 4.0 Competition SDK PENABUR Jakarta. Tema yang diusung adalah ‘Penggunaan Gadget bagi Anak SD, Perlukah?’.

Setiap sekolah mengirimkan perwakilan regu yang terdiri dari dua peserta didik kelas 6, dimana mereka berkesempatan untuk bertanding antar sekolah. 

BACA JUGA:

“Terdapat tiga babak pada lomba debat,  babak pertama setiap tim memaparkan pendapat dan selanjutnya lawan memberikan sanggahan. Pada babak kedua, peserta berkesempatan menanggapai sanggahan lawan, lalu di babak ketiga peserta menyampaikan kesimpulan/penutup. Lomba debat ini berlangsung virtual, dan setiap peserta diberikan waktu dua menit untuk berargumen, yang kemudian dinilai oleh tiga orang juri,” jelas Joko Mulyono, Kepala SDK PENABUR Bintaro Jaya dan Panitia Lomba Debat 4.0 Competition SDK PENABUR Jakarta.

Tujuan dari lomba debat yang diadakan SDK PENABUR Jakarta, yaitu untuk mengasah kemampuan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication) peserta didik. Critical thinking, peserta didik mampu berpikir kritis tentang pendapat yang disampaikan lawan debat dan dikemas untuk memberikan sanggahan. Creativity, dengan cepat peserta didik memiliki kalimat yang tepat dalam menanggapi sanggahan lawan.

Collaboration, peserta didik diuji kekompakannya di dalam tim ketika menyampaikan argumen dalam debat. Communication, peserta didik mengkomunikasikan pendapat atau gagasannya dengan keterampilan berbahasa yang baik pada saat lomba debat berlangsung.

“Awalnya kami khawatir apakah peserta mampu berkata-kata dengan baik pada saat bertanya ataupun menjawab pertanyaan lawan. Namun, ternyata para peserta sangat pintar dalam memberikan argumen, disertai dengan data-data akurat dari literasi yang sudah disiapkan sebelumnya. Secara spontan peserta mampu memberikan argumen dengan baik.” ungkap Joko Mulyono.

Para peserta didik kelas 6 SDK PENABUR Jakarta yang mengikuti lomba debat pada 4.0 Competition begitu antusias.

“Lombanya seru sekali, saya mendapatkan banyak ilmu, teman baru, dan tentunya pengalaman baru. Potensi saya pun semakin berkembang, yakni kepercayaan diri dan keberanian di dalam menyampaiakan pendapat.” ujar Jean Eirene Nara, salah satu peserta lomba debat dari SDK PENABUR Bintaro Jaya.

Selain lomba debat, pada 4.0 Competitition SDK PENABUR Jakarta juga mengadakan berbagai perlombaan lainnya yang tidak kalah seru, antara lain Dental Health Campaign, Fun Family Poets Combat, Young Scientist, Storytelling, Educational Video, PENABUR XIN WEN, Comic Strips, Kid Reporter, Virtual Presentation, Gambar Bercerita, dan Family Vlog.

Pengumuman pemenang dan Closing Ceremony 4.0 Competition SDK PENABUR Jakarta berlangsung pada 20 November 2021, live dari YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*