Kuy, Nikmati Gerhana Bulan Sebagian (GBS) pada 19 November 2021

Cahaya bulan pada Selasa sore, 25 Mei 2021 menjelang Hari Raya Waisak di langit Jakarta. Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon akan terjadi saat Hari Raya Waisak pada Rabu, 26 Mei 2021
Cahaya bulan pada Selasa sore, 25 Mei 2021 menjelang Hari Raya Waisak di langit Jakarta. Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon akan terjadi saat Hari Raya Waisak pada Rabu, 26 Mei 2021 (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Gerhana bulan akan terjadi dalam waktu dekat ini. Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

BACA JUGA:

Dalam waktu dekat ini, gerhana bulan yang terjadi adalah Gerhana Bulan Sebagian. Gerhana ini terjadi saat sebagian piringan Bulan masuk ke umbra (bayangan utama) Bumi.

Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna gelap sedikit kemerahan di yang terkena umbra Bumi tersebut.

Pada tahun 2021 terjadi 2 (dua) kali gerhana Bulan, yakni Gerhana Bulan Total (GBT) pada 26 Mei 2021 lalu yang dapat diamati dari Indonesia dan Gerhana Bulan Sebagian (GBS) pada 19 November 2021 mendatang yang dapat diamati dari Indonesia.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*