Mau Jadi Pengusaha Muda? Inilah Kumpulan Ide Bisnis yang Sedang Tren dan Cocok Banget untuk Kamu

Ilustrasi: Inilah juara Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) 2020. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Inilah juara Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) 2020. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Belakangan ini, banyak kalangan muda yang memilih menjadi pengusaha. Ini tentu bukan tanpa alasan. Kini semakin banyak produk yang bisa dijual.

Apalagi kehadiran digital marketing yang akarab dengan orang muda, kian memudahkan seseorang memasarkan produknya.

BACA JUGA:

Tapi, mau bisnis apa ya? Nah, bagi kamu yang masih belum bisa menjalankan bisnis karena terkendala ide, berikut ini kumpulan ide bisnis yang cocok banget untuk orang muda seperti kamu:

Jasa titip (Jastip)

Bisnis jasa titip (jastip) muncul karena adanya kendala bagi orang-orang Indonesia untuk mendapatkan barang-barang yang hanya tersedia di luar negeri dan tidak masuk ke pasar Indonesia. Ini tentu cocok banget buat kamu yang sedang studi di luar negeri atau yang mau berencana kuliah ke luar negeri.

Kamu bisa mulai merancang produk apa saja yang tidak dipasarkan di Indonesia, tapi ada di negara tempat kamu studi. Bisa jadi itulah peluang bisnis kamu lho!

Tetapi, peluang bisnis ini bisa kamu terapkan di dalam negeri, karena ada juga barang-barang yang hanya tersedia di daerah tertentu, sehingga orang-orang di daerah tidak bisa mengaksesnya. Dan ini bisa menjadi peluang bisnis kamu.

Coffee shop

Kedai kopi saat ini sedang menjamur. Indonesia pun kaya akan ragam kopi. Nah, kamu bisa juga mengambil peluang bisnis yang sedang trend ini.

Untuk semakin menambah daya pikat coffee shop yang akan kamu bangun, bisa dengan menghadirkan racikan kopi yang menjadi signature coffee shop kamu. Lantas, ciptakan suasana nyaman yang dibangun untuk membuat para pelanggan mau berlama-lama di dalam dan menambah orderan kopinya.

Jasa desain grafis

Bisnis lain yang potensial untuk digarap orang muda saat ini adalah jasa desain grafis. Jasa desain grafis banyak dibutuhkan perusahaan besar hingga UMKM. Hal ini untuk berbagai keperluan, seperti membuat mock up produk dan membuat image untuk keperluan campaign.

Thrift store

Thrift store adalah toko yang menjual barang bekas, tetapi barang-barang yang dijual tersebut merupakan barang impor. Bisnis ini belakangan cukup populer. Caranya, kamu bergabung dengan salah satu distributor, lalu bisa memilih barang-barang yang akan kamu jual dari distributor tersebut. Artinya, kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena ada distributornya di Indonesia.

Foto polaroid

Keunikan hasil foto yang dicetak dengan kamera polaroid menjadikannya memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta foto. Tetapi, tak semua orang bisa membeli kamera polaroid, sehingga peluang tersebut sangat berpotensi menjadi lahan bisnis. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu perlu modal kamera polaroid, kertas foto polaroid, dan pemahaman teknik foto yang baik tentunya.

Kuliner unik

Bisnis kuliner memiliki segmen pasar yang cukup baik. Saat ini produk kuliner dibuat semakin unik dan ada pula yang sengaja dibuat untuk segmen pasar khusus yang mengutamakan kesehatan. Kamu bisa memanfaatkan market place untuk memasarkannya.

Custom case ponsel

Awalnya case ponsel hadir sebagai pelindung body ponsel ketika terjatuh atau terbentur. Tapi seiring waktu, case ponsel dibuat dalam bentuk yang semakin berbagai ragam sehingga produk tersebut semakin diminati. Berbagai inovasi pun lahir untuk menjadikan produk tersebut semakin diminati, salah satunya dengan membuat case ponsel customized.

Bisnis daur ulang

Ide awal dari bisnis ini adalah menghasilkan produk baru dari hasil daur ulang barang-barang bekas. Menjalani bisnis daur ulang barang-barang bekas juga membawa semangat peduli lingkungan dengan mengurangi produksi sampah.

Jasa hand lettering

Jasa hand lettering atau tulis tangan biasanya digunakan untuk membuat kartu ucapan atau catatan yang mengharuskan menggunakan tulisan tangan. Modal yang dibutuhkan sangat murah yaitu hanyalah alat tulis, sejumlah kertas dan yang terpenting adalah kemampuan menulis tangan yang rapi dan indah.

Surprise box

Surprise box adalah hadiah yang diletakkan di dalam boks yang diberikan kepada seseorang dan pemesan tidak mengetahui ada apa di dalam boks tersebut. Harga surprise box beraneka ragam tergantung jenis barang yang ada di dalamnya.

Bisnis DIY

Kegiatan Do it Yourself (DIY) sedang trend belakangan ini. Maka, menjadi penyedia bahan-bahan yang dapat dikreasikan bisa jadi lahan bisnis yang menjanjikan. Komponen yang perlu disiapkan untuk memulai bisnis ini adalah bahan mentah seperti gelas, piring, dan kaos polos serta alat cetak.

Catering diet

Membangun bisnis catering diet modal awalnya tak terlalu besar, tapi potensi keuntungannya sangat menjanjikan. Untuk membuat catering diet kamu harus banyak referensi dalam meramu bahan-bahan makanan, karena diet membutuhkan nutrisi khusus.

Konten kreator

Jika kamu memiliki keahlian yang memadai dalam membuat konten video dan image, jangan ragu untuk memanfaatkan peluang itu dengan menjadi seorang konten kreator. Saat ini banyak pelaku usaha yang membutuhkan jasa konten kreator untuk membantu pemasaran produknya.

Influencer

Influencer adalah profesi yang lahir seiring dengan perkembangan media sosial. Disebut sebagai influencer karena dianggap mampu memberi dampak yang besar lantaran memiliki jumlah followers yang sangat banyak. Influencer banyak digunakan untuk kegiatan promosi produk dan sosialisasi aturan pemerintah. Sumber penghasilannya bisa dari kontrak kerja sama ataupun jualan produk sendiri.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*