Inilah 6 Aplikasi Pinjaman Online (Pinjol) yang Aman dan Nyaman bagi Mahasiswa

Ilustrasi: Pinjaman online. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Pinjaman online. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Masalah keuangan pasti kerap menghantui mahasiswa, terutama yang harus tinggal di tanah rantau. Jika kiriman dana telat, maka jadilah galau.

Dalam situasi kegalauan itu, pinjaman segar menjadi solusi pertama dan utama. Tapi, pinjam ke teman pasti sudah terlalu sering. Pinjam ke ibu kos sudah pasti tidak mungkin. Nah, solusi yang kekinian adalah dengan memanfaatkan pinjaman online.

Eit…, jangan buru-buru, Gaes! Jika kamu hendak memanfaatkan pinjaman, pilihlah fintek yang terpercaya dan legal, agar terhindar dari penipuan. Carilah yang telah mengantongi ijin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA

So, berikut ini 6 pilihan pinjaman online untuk mahasiswa yang legal dan telah memiliki ijin dari OJK:

Kredit Pintar

Kredit Pintar memberi kemudahan pinjaman secara online. Kamu bisa meminjam dana sampai batas Rp 8.000.000 tanpa jaminan. Kredit Pintar juga mengklaim, proses pengajuan pinjaman berlangsung cepat, hanya butuh waktu 5 menit saja, maka dana langsung cair.

Berikut persyaratan pengajuan pinjaman:

  • Warga negara Indonesia (WNI).
  • Berusia 18-55 tahun.
  • Memiliki KTP aktif.
  • Memiliki rekening pribadi.
  • Berdomisili di Indonesia.

Kredit Pintar memberikan varian tenor yang cukup bersahabat, yaitu cicilan pembayaran selama 30 hari, tiga, enam, atau 12 bulan.

Danacita

Pinjaman online lainnya adalah Danacita, yang menawarkan pinjaman bagi mahasiswa dengan batas maksimal seluruh biaya pendidikan untuk level perguruan tinggi dan lembaga kursus. Tentu besaran pinjaman akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan mahasiswa.

Sistemnya, Danacita akan membayarkan terlebih dahulu biaya pendidikan peminjam ke perguruan tinggi atau lembaga kursus yang telah terdaftar sebagai mitra. Setelah itu, peminjam akan mencicil dana pinjamannya sesuai tenor yang dipilih, yaitu antara 6 sampai 12 bulan untuk mahasiswa aktif, atau 24 bulan untuk mahasiswa baru.

Danacita akan memproses pinjaman selama satu hingga dua hari setelah pengajuan. Pengajuan pinjaman dilakukan di website Danacita.

Berikut persyaratannya:

  • E-KTP mahasiswa dan wali (wali dibutuhkan bila mahasiswa belum berusia 21 tahun).
  • Swafoto mahasiswa dan wali.
  • Bukti tagihan dari lembaga pendidikan.
  • Bukti penghasilan wali (slip gaji atau rekening koran satu bulan terakhir).

KoinPintar

Berikutnya adalah KoinPintar yang menawarkan pinjaman online untuk mahasiswa D3, S1 dan pendidikan informal (kursus). Pinjaman online memiliki tenor cicilan 3 sampai 10 tahun. Suku bunga yang ditetapkan KoinPintar mulai dari 9% per tahun.

Sebagai catatan, pinjaman online untuk mahasiswa dari KoinPintar ini harus diproses melalui institusi pendidikan yang telah bekerja sama dengan KoinPintar. Dana pinjaman yang disetujui akan dikirimkan ke pihak institusi pendidikan.

Berikut persyaratan:

  • Warga negara Indonesia.
  • Berusia minimal 17 tahun.
  • Memiliki KTP aktif.
  • Fotokopi KTP orangtua.
  • Memiliki rekening pribadi aktif.
  • Kartu Keluarga.
  • Memiliki sumber pendapatan atau jatah bulanan dari orangtua.
  • Mutasi rekening (tiga bulan terakhir).

Pintek

Pintek memiliki tiga program pembiayaan, yaitu Pintek Students Instant khusus untuk mahasiswa yang terdaftar di institusi pendidikan mitra Pintek. Batas pinjaman sampai Rp 5.000.000 dengan tenor 30 hari (bunga 0%) dan tiga bulan (bunga mulai dari 2.19%).

Yang kedua, Pintek Students Reguler yang memberikan pinjaman mulai dari Rp 3.000.000 sampai Rp 300.000.000. Tenor pinjaman hingga 24 bulan dengan bunga 0-1.5% flat per bulan. Pintek Students Reguler membantu pembiayaan pendidikan formal dan informal, termasuk bagi mahasiswa di luar institusi mitra Pintek.

Program ketiga adalah Pintek Students Pro yang bisa menggunakan surat keterangan jaminan kerja. Batas pinjaman Rp 3.000.000 hingga Rp 300.000.000 dengan tenor 18 bulan, dan bunga 0-2% flat per bulan. Pembayaran akan dilakukan setelah mahasiswa menyelesaikan pendidikannya dan mendapatkan pekerjaan.

DanaRupiah

DanaRupiah juga bisa menjadi pilihan pinjaman online untuk mahasiswa. Dana pinjaman mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 8.000.000 dan peminjam harus menyertai bukti status kemahasiswaan di mitra pendidikan DanaRupiah. Bunga pinjaman mulai dari 22-23% per tahun, dan 3% biaya administrasi.

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman:

  • Memiliki KTP aktif.
  • Telah diterima dalam program atau kelas mitra pendidikan.
  • Memiliki keinginan untuk belajar dan etos kerja.
  • Diutamakan yang memiliki penjamin dengan penghasilan tetap.

TunaiKita

Nah, bagi mahasiswa yang membutuhkan dana segar yang cepat untuk membayar biaya kuliah, perlengkapan kuliah, atau biaya sewa tempat tinggal, pinjaman yang ditawarkan TunaiKita bisa kamu dicoba.

TunaiKita menawarkan pinjaman dengan sistem cicilan mulai dari tiga sampai enam bulan untuk pinjaman Rp 5.000.000 hingga Rp 20.000.000.

Untuk mengajukan pinjaman di TunaiKita, kamu cukup berusia minimal 21 tahun, memiliki KTP yang aktif, dan rekening pribadi. Prosesnya pengajuan cukup cepat melalui aplikasi TunaiKita.

So, itulah 6 aplikasi pinjaman online yang bisa menjadi solusi saat menghadapi tantangan keuangan. Namun, kamu tetap harus berhati-hati dalam memanfaatkan dana pinjaman online, dan jangan lupa mencicilnya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*