Biaya Pendidikan Makin Tinggi, Asuransi Bisa Jadi Solusi




Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak
Ilustrasi: Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak

JAKARTA, KalderaNews.com – Biaya pendidikan makin hari kian meninggi. Beberapa tahun terakhir ini, asuransi pendidikan menjadi pilihan untuk menyiapkan dana pendidikan anak-anak. Nah, sebelum memilih produk asuransi pendidikan, ada baiknya kamu memahami aneka seluk beluk asuransi pendidikan.

Asuransi pendidikan memang memiliki beberapa jenis yang berbeda, maka amat penting untuk mengenali dan memahami sebelum kamu membeli produk asuransi. So, yuk simak beberapa hal ini terkait asuransi pendidikan:

Kenali Detil Produk Asuransi
Hampir semua perusahaan asuransi memiliki produk asuransi pendidikan. Artinya ada banyak sekali pilihan asuransi pendidikan. Maka sangat perlu untuk mengenali dan memahami secara detil setiap produk asuransi pendidikan, agar kamu bisa menentukan pilihan yang terbaik.

Nah, biasanya ada dua jenis asuransi pendidikan; yakni asuransi unit link dan dana pendidikan manfaat pasti. Jenis asuransi unit link memang yang paling populer, serta banyak ditawarkan. Asuransi ini berfungsi pula sebagai investasi, karena akan memberikan imbal hasil atas sebagian dana atau premi yang diinvestasikan perusahaan asuransi tersebut.

Sementara, jenis dana pendidikan manfaat pasti akan memberikan imbal hasil yang dijamin sesuai dengan ketentuan yang tertulis di dalam proposal asuransi. Ini berbeda dengan jenis asuransi unit link yang memiliki sejumlah risiko imbal hasil, karena tergantung pada fluktuasi nilai investasinya.

BACA JUGA

Ketahui Aneka Biaya
Selain tentang detil produk asuransi, kamu juga wajib mengetahui beragam biaya yang dikenakan dalam asuransi yang dipilih. Hal ini penting untuk diketahui sejak awal mula mendaftarkan atau membeli produk asuransi.

Pahami Risiko
Di samping biaya, kamu juga mesti mengenali beragam risiko yang mengikuti produk asuransi. Jika kamu membeli produk asuransi investasi, seperti unit link, mesti dipahami beberapa risiko yang mengikutinya, karena terdapat fluktuasi nilai investasi yang mengikuti perkembangan situasi pasar investasi.

Sesuaikan dengan Kebutuhan
Produk asuransi yang kamu pilih mesti disesuaikan dengan kebutuhan dana pendidikan anak-anak. Untuk yang satu, kamu perlu membuat perhitungan atau simulasi sejak awal, sehingga bisa menentukan produk asuransi yang tepat dan terbaik. Biasanya setiap perusahaan asuransi memiliki semacam kalkulator untuk membuat simulasi perhitungan tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memilih produk asuransi pendidikan. Selamat mencoba! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*