Ternyata Ini Manfaat KKN yang Harus Mahasiswa Pahami




Kisah KKN di Desa Penari
Ilustrasi: Kisah KKN di Desa Penari

JAKARTA, KalderaNews.com – Singkatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata mulai hits lagi saat ada thread KKN Desa Penari di salah satu media sosial. Dalam cerita horror itu disebutkan bahwa KKN memang diikuti oleh mahasiswa dari beragam jurusan.

KKN merupakan program wajib yang harus diikuti mahasiswa ketika menginjak bangku semester 6. Seluruh mahasiswa di PTS atau PTN, tanpa terkecuali, harus mengikuti program ini. Inilah manfaat KKN yang harus kamu pahami. Cekidot, gengs!

BACA JUGA:

KKN adalah bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi

Sebagai seorang mahasiswa dan bagian dari sivitas akademik yang baik, kita harus menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Itulah mengapa dengan mengikuti KKN, kita sama seperti sedang menjalankan aksi nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan juga pengadian pada masyarakat.

KKN adalah wujud pengabdian masyarakat

Tidak hanya sebagai aksi nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi saja, KKP juga merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang sebenarnya. Dengan terjun langsung ke lapangan, maka kam bisa melihat keadaan yang sesungguhnya, mulai dari ekonomi, pendidikan, atau masalah apapun yang selama ini hanya kamu hadapi di kelas.

Belajar memenuhi tanggung jawab

Kegiatan yang wajib diikuti ini merupakan sarana untuk mengajarimu bersikap tanggung jawa dengan baik di dalam perkuliahan.

Mengenal lebih banyak teman

KKN dilakukan secara berkelompok dan terdiri dari bermacam mahasiswa dari berbagai jurusan, maka KKN merupakan sarana yang tepat untuk mengenal lebih banyak teman yang kelak merupakan bagian dari network. Bila beruntung, mungkin kamu bisa mendapatkan pacar atau jodoh saat KKN J

Belajar membuat program kerja yang menarik

Manfaat lain dari KKN adalah mahasiswa akan membiasakan diri dengan target. Dengan berkumpul bersama banyak pemikir dari berbagai jurusan, kam dapat membuat program kerja yang menarik dan berkualitas dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Membantu memajukan masyarakat

KKN yang berbentuk pengabdian dan kamu tidak dipungut biaya sama sekali ini, dapat dikatakan kamu telah berjuang untuk memajukan masyarakat yang kamu datangi.

Terbiasa memecahkan masalah

Akan ada banyak masalah yang akan ditemui saat KKN. Salah satu maslaah yang cukup pelik adalah masalah yang bersifat cros sectoral. Untuk menghadapinya, tentu saja kamu perlu memiliki keterampilan memecahkan persoalan dengan pendekatan interdisipliner. Menarik, kan!

Tempat mengaplikasikan teori yang diperoleh di kampus

Manfaat berikutnya dari kegiatan KKN adalah merupakan wadah yang pas dalam menerapkan teori yang kamu dapat selama ini di kelas ke dalam permasalahan kehidupan nyata.

Kegiatan Intrakurikuler kampus

KKN juga bisa menjadi program intrakurikuler kampus yang mampu mendukung perubahan besar dalam hidup bermasyarakat. Salah satunya adalah KKN dengan tema khusus, misalnya KKN Peduli Bencana.

Menumbuhkan rasa peduli sesama

Manfaat KKN yang terakhir mengajari mahasiswa untuk mampu menumbuhkan rasa peduli yang tinggi akan sesama di dalam kehidupan masyarakat.

Demikianlah sepuluh manfaat KKN yang harus kamu pahami sebagai mahasiswa. Hal yang terpenting juga, kamu harus menyiapkan kondisi tubuh yang fit menjelang KKN karena saat berada di tengah masyarakat nantinya kamu akan punya banyak kegiatan. Selamat mengabdi di masyarakat, ya!  

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*