6 Tip Jitu Menghadapi Penguji Sidang Skripsi, Mahasiswa Tingkat Akhir wajib Tahu




Pusing Tugas Akhir dan Skripsi
Pusing Tugas Akhir dan Skripsi (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tugas akhir atau skripsi merupakan langkah akhir dalam pendidikan jenjang S-1. Fase ini menjadi gerbang terakhir agar kamu dapat lulus dengan gelar yang kamu impikan. Namun, masa tugas akhir hingga sidang skripsi ini tidaklah mudah dan ringan untuk dilewati.

Penyusunan dan sidang skripsi masih dianggap sebagai momok menyeramkan bagi mahasiswa tingkat akhir di perguruan tinggi. Proses penulisan skripsi pasti diwarnai cerita suka duka. Demikian juga sidangnya. Tidak jarang sidang skripsi ini menimbulkan stres berkepanjangan hingga muncul gejala-gejala gangguan kesehatan seperti jantung berdebar terus menerus, diare, gatal-gatal, insomnia, hingga hilang nafsu makan.

BACA JUGA:

Nah, agar kamu tetap bisa tenang menghadapi penguji, inilah enam tip menghadapi penguji saat sidang skripsi yang dapat kamu aplikasikan dengan mudah.

Persiapan yang matang

Persiapkan dengan baik semua keperluan untuk sidang skripsi jauh hari sebelum ada jadwa ujian. Keperluan itu antara lain slide power point, lampiran yang dibutuhkan, bukti otentik, laporan yang mendukung penelitian, dan lain-lain. Persiapan yang matang sudah dianggap setengah berhasil.

Temui pembimbing

Temui pembimbing dan bila memungkinkan mintalah simulasi sidang skripsi terlebih dahulu. Hal ini akan membantumu menjawab pertanyaan pada hari H. Kamu dapat memprediksi pertanyaan yang mungkin diberikan dan bisa menjawabnya dengan baik. Jangan lupa minta doa restu pada dosen pembimbing agar sidangmu dapat berjalan dengan lancar.

Temui penguji sebelum sidang skripsi

Dengan niat silaturahmi dan berkenalan, temui penguji. Sampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan beliau untuk menguji. Kamu boleh juga menyampaikan bahwa kamu telah berusaha dengan optimal melakukan penelitian ini dan sampaikan permohonan maaf atas kekurangan penelitian. Siapa tahu hal ini dapat mengetuk hati penguji.

Bangun pemikiran bahwa semua penguji itu baik

Tip berikutnya adalah siapa pun nanti pengujimu, tanamkan di dalam pemikiranmu bahwa mereka adalah penguji yang baik hati dan akan membantumu menyempurnakan penelitian. Pertanyaan dan komentar mereka adalah penyempurna dari tugas akhirmu, dan tidak ada dosen atau penguji yang ingin menjatuhkanmu. Hadapi semua pertanyaan dan komentar dengan lapang dada.

Anggap penguji adalah keluarga sendiri

Dengan menganggap bahwa para penguji merupakan keluargamu sendiri. Dengan begini, kamu akan tetap santai dan tenang apapun yang terjadi, toh namanya juga keluarga. Namun demikian, kamu tetap harus bersikap sopan dan berpendidikan, ya. Pokoknya selama ujian, anggap mereka adalah kerabat dekat seperti paman, bibi, dan lain-lain.

Perbanyak doa dan minta restu orang tua

Doa merupakan kunci utama untuk menyelesaikan permasalahan kita. Termasuk dalam menghadapi sidang skripsi ini, kamu harus rajin berdoa. Dan jangan lupa minta doa restu orang tua agar proses ujian akhir ini berjalan lancar. Minta juga orang tua dan kerabatmu turut mendoakanmu.

Itulah enam tip jitu yang mudah dipraktikkan untuk menghadapi sidang skripsi. Setelah mengetahui tip tersebut kamu tidak galau lagi, kan? Yuk, semangat mengerjakan skripsi dan menyambut sidangnya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*