Jangan Galau Saat Kuliah Jauh dari Rumah, Inilah Manfaat Kuliah Merantau

Ilustrasi: Kuliah di Luar Negeri
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Memilih jurusan kuliah dan perguruan tinggi yang tepat memang perlu pertimbangan yang matang. Apalagi bila kampus dan jurusan impian berada di luar daerah dan jauh dari rumah. Selain kemampuan akademis, kita juga harus mempertimbangkan hal lain seperti dana misalnya. Meskipun kuliah merantau tampaknya merupakan hal yang biasa, kita tetap perlu mempersiapkannya dengan baik.

Selain masalah fisik, kesiapan mental juga diperlukan bila kita memutuskan untuk kuliah merantau. Kesiapan jauh dari orang tua dan kerabat demi belajar dan meraih cita-cita tentu bukan hal yang ringan. Misalnya kita telah menentukan dan memilih kampus dan jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan, tetapi lokasinya berada di luar kota, bahkan di luar negeri misalnya.

BACA JUGA:

Sayang sekali bila harus merelakan mimpi dan kesempatan untuk meraih ilmu yang telah ada di depan mata itu. Agar motivasi untuk kuliah merantai makin kuat, kamu perlu tahu manfaat dari kuliah merantau ini.

Mendapat teman dan keluarga baru

Tinggal di kota atau daerah lain bersama mahasiswa rantau akan mendorong kita untuk mengenal teman-teman baru. Kamu dapat juga mencari teman yang berasal dari daerah dan menjadikan mereka keluarga kedua. Mempunyai teman dan keluarga baru tentu akan memberimu banyak pengalaman baru.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*