Beasiswa OTS ke Belanda 2022-2023 Resmi Dibuka, Cekidot Tutup 1 Februari-1 April 2022




Para penerima beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) 2021-2022
Para penerima beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) 2021-2022 (KalderaNews/Dok. Neso Indonesia)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran Orange Tulip Scholarship (OTS) untuk tahun akademik 2022-2023 telah resmi dibuka. Nuffic Neso Indonesia sebagai lembaga yang mengelola program beasiswa OTS mengundang calon mahasiswa Indonesia untuk mengisi 68 kursi beasiswa dengan total nilai beasiswa mencapai lebih dari EUR 552.747.

Education Promotion Officer Nuffic Neso Indonesia, Mohamad Maulana Taufik menjelaskan Orange Tulip Scholarship (OTS) adalah program beasiswa parsial (tidak mendanai penuh) yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda dan dikelola oleh Nuffic Neso Indonesia.

“OTS bertujuan untuk meningkatkan kesempatan studi di Belanda bagi para pelajar unggul di Indonesia yang berminat mengikuti studi untuk jenjang sarjana (bachelor) atau pasca sarjana (master),” tegasnya di Jakarta pada Rabu, 8 Desember 2021.

BACA JUGA:

Ia menambahkan jumlah OTS yang ditawarkan oleh masing-masing institusi pendidikan berbeda-beda. Secara umum, penerima beasiswa OTS akan mendapatkan potongan mulai dari 30% – 100% biaya studi, tanggungan biaya hidup per bulan, biaya visa, biaya asuransi, atau benefit lainnya.

“Sisa biaya yang tidak didanai oleh OTS ditanggung oleh penerima beasiswa dengan sumber dana pribadi atau sponsor lainnya,” tandasnya.

Untuk mendaftar OTS cukup mudah, persyaratan dapat dilihat di website Nuffic Neso Indonesia. Secara umum, persyaratan yang diperlukan untuk OTS diantaranya adalah formulir OTS dan bukti pendaftaran program studi atau surat penerimaan (Letter of Acceptance) dari institusi pendidikan yang ada dalam skema OTS. Pendaftaran OTS sudah dibuka dengan tengat waktu yang bervariasi antara 1 Februari sampai 1 April 2022.

Di tahun akademik ini, pendaftar dapat memilih secara beragam baik program studi dan universitas di Belanda yang berpartisipasi OTS. Beberapa program studi yang ditawarkan mulai dari ekonomi, bisnis, hukum, psikologi, komunikasi, hospitality, artificial intelligence, creative media, dan sebagainya.

Education Promotion Officer Nuffic Neso Indonesia, Mohamad Maulana Taufik
Education Promotion Officer Nuffic Neso Indonesia, Mohamad Maulana Taufik (KalderaNews/Fajar H)

Universitas applied sciences yang berpartisipasi dalam program OTS antara lain; Breda University of Applied Sciences, Fontys University of Applied Sciences, HANZE University of Applied Sciences, Wittenborg University of Applied Sciences. Selain itu research university yang berpartisipasi di antaranya; University of Groningen, Maastricht University, Radboud University, Tilburg University, University of Amsterdam, University of Twente, Vrije Universiteit Amsterdam, dan Wageningen University and Research.

Tahun ini ada beberapa universitas yang menawarkan program studi di bidang seni diantaranya; Amsterdam University of the Arts melalui departmen Academy of Theatre and Dance menawarkan Master Theatre dan Reinwardt Academie menawarkan studi program Master Applied Museum and Heritage Studies serta Zuyd University of Applied Sciences yang menawarkan program sarjana dan pasca sarjana musik.

“Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studi ke Belanda sesuai dengan minat seni yang dimiliki.”

Informasi lebih lanjut tentang daftar institusi perguruan tinggi Belanda dalam skema OTS, program studi yang ditawarkan, prosedur pendaftaran dan tenggat waktu dapat ditemukan di bit.ly/indonesiaots

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*