Congratulations, 37 dari 399 Pelamar Dapat Beasiswa OTS 2021

Para penerima beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) 2021-2022
Para penerima beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) 2021-2022 (KalderaNews/Dok. Neso Indonesia)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan minat pelajar Indonesia untuk memburu beasiswa studi ke Belanda. Pada 2021 ini pelamar Beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) mencapai sebanyak 388 atau meningkat sebanyak 13.5% jika dibandingkan dengan total aplikasi yang masuk tahun lalu yaitu 342 pendaftar.

Para pendaftar tersebut bersaing untuk memperebutkan 77 beasiswa yang memungkinkan untuk studi di 22 institusi di Belanda dengan total nilai beasiswa sebesar EUR. 543,114.

Education Promotion Officer Nuffic Neso Indonesia, Mohamad Maulana Taufik menjelaskan di acara Orange Tulip Scholarship Awardees Online Gathering 2021 yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia pada Sabtu, 31 Juli 2021 bahwa dari 388 pendaftar beasiswa OTS tahun ini, sebanyak 94% mendaftar untuk program master (S2) dan 6% mendaftar untuk program bachelor (S1). Selanjutnya dari total 388 pendaftar tersebut, sebanyak 37 pendaftar berhasil mendapatkan beasiswa OTS untuk tahun akademik 2021-2022.

BACA JUGA:

Adapun beasiswa yang didapatkan per individu tergantung dari skema yang ditawarkan masing-masing oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda, seperti potongan biaya kuliah yang beragam antara 30%-100%, pemberian bantuan tunjangan biaya hidup, bantuan biaya pengurusan visa, dan asuransi kesehatan selama studi.

Total beasiswa yang diberikan untuk tahun akademik 2021 – 2022 senilai EUR. 265,790. Dilihat dari data para pendaftar OTS, program studi yang paling banyak dipilih adalah Business Administration, Law, Environmental Resource Management, Development Studies dan Digital Business.

Selanjutnya universitas tujuan diantaranya adalah Vrije Universiteit of Amsterdam, University of Twente, Tilburg University, Maastricht University, dan Radboud University.

Diketahui, Orange Tulip Scholarship (OTS) adalah beasiswa parsial yang bertujuan untuk meningkatkan kesempatan studi di Belanda bagi para pelajar unggul Indonesia yang berminat untuk melanjutkan program studi sarjana (bachelor degree) dan pasca sarjana (master degree).

Beasiswa OTS pertama kali diluncurkan oleh Nuffic Neso Indonesia pada tahun 2012, berkat adanya kerjasama yang baik antara Nuffic Neso dengan institusi pendidikan tinggi Belanda, jumlah beasiswa yang ditawarkan meningkat setiap tahunnya. Informasi mengenai jenis beasiswa (skema OTS) dapat diakses melalui https://www.studyinholland.nl/finances/orange-tulip-scholarship-programme/ots-indonesia.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*