4 Tip Mendapatkan Pekerjaan Sampingan Saat Kuliah di Belanda




Penerima beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) 2019, Antonius Satria Adinugraha di acara Orange Tulip Scholarship (OTS) Awardees Online Gathering 2021 yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia pada Sabtu, 31 Juli 2021
Penerima beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) 2019, Antonius Satria Adinugraha di acara Orange Tulip Scholarship (OTS) Awardees Online Gathering 2021 yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia pada Sabtu, 31 Juli 2021 (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah sambil kerja menjadi dambaan sebagian besar mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Belanda. Namun harus diakui, mendapatkan pekerjaan di Belanda bukan perkara mudah, apalagi di saat Belanda sedang berjuang memerangi Covid-19.

Penerima beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) plus Holland Scholarship 2020, Antonius Satria Adinugraha pun berbagi 4 tip mendapatkan pekerjaan pada para penerima beasiswa OTS 2021 yang akan studi ke Belanda di acara Orange Tulip Scholarship (OTS) Awardees Online Gathering 2021 yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia pada Sabtu, 31 Juli 2021.

Diketahui, 37 mahasiswa dan profesional Indonesia berhasil mendapatkan beasiswa OTS untuk tahun akademik 2021 –2022 yang telah terseleksi secara ketat dari 388 aplikan yang masuk. Dari 388 pendaftar beasiswa OTS, sebanyak 94% mendaftar untuk program master(S2) dan 6% mendaftar untuk program bachelor (S1).

BACA JUGA:

Alumnus Fakutas Hukum Universitas Indonesia dan SMA Kanisius Jakarta ini pun mengurai keempat tip tersebut:

1). Linkedin

Carilah berbagai peluang yang ada dan usahakan mencari pekerjaan yang relevan dengan pekerjaan atau pengalaman sebelumnya. Di Belanda kalau pindah jalur agak lebih susah mendapatkan pekerjaan. Pengalaman kerja di Indonesia harus dihighlight saat interview.

2). Connecting and networking

Connecting and networking ini penting banget dan ahrus dibangun begitu mulai kuliah. Kalau ini dilakukan setelah kuliah, itu terlambat banget. Kendati ada komunitas Indonesia yang siap membantu setiap waktu, akan lebih baik memiliki networking lainnya juga.

3). Motivation letter and recommendations

Motivation letter ini tidak hanya penting saat akan melamar beasiswa, tetapi juga penting saat akan melamar pekerjaan di Belanda. Saat interview pekerjaan, hal ini akan ditanya dengan detail. Jadi, wajib tahu dan paham apa yang ditulis di motivation letter dalam melamar pekerjaan. Rekomendasi juga sangat penting, entah dari tempat kerja sebelumnya atau profesor, karena ini menunjukkan kalau kita memang capable untuk pekerjaan yang ditawarkan.

4). Be mindful of the working hours

Sebagai warga negara asing wajib diperhatikan karena memiliki keterbatasan kerja. Ini harus hati-hati karena visa student bukan visa untuk bekerja. Jadi yang bekerja tidak boleh melanggar limit waktu yang ditetapkan di visa. Pemerintah akan bener-bener mengeceknya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*