Dear Milenials, Kenali Pekerjaan yang Akan Hilang Di Masa Depan




Peneliti Harus Ciptakan Inovasi untuk Milenial Karena Hal ini
Inovasi Teknologi

JAKARTA, KalderaNews.com – Berkembangnya zaman dan teknologi akan memberi banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Namun, hal ini tentu membawa dampak tersendiri. Salah satunya adalah penggantian tenaga kerja manusia dengan mesin atau bahkan robot.

Tenaga kerja yang telah hilang saat ini adalah penjaga pintu tol. Dulu pintu tol dijaga oleh manusia dengan cara pembayaran manual, tetapi dengan berkembangnya teknologi yang menggunakan pembayaran dengan uang digital, di pintu tol tidak lagi diperlukan penjaga pintu.

BACA JUGA:

Hal ini harus menjadi perhatian kaum pelajar dan mahasiswa agar dapat merencanakan masa depan sesuai dengan peluang pekerjaan yang ada. Inilah beberapa jenis pekerjaan yang hilang dan digantikan teknologi di masa depan.

Buruh tani                                                             

Saat ini peluang kerja sebagai buruh tani makin sempit. Selain karena lahan pertanian makin terbatas pula, pekerjaan sebagai buruh tani juga sudah banyak digantikan oleh mesin-mesin pertanian modern yang lebih efektif dan efisien.

Telemarketing

Telemarketing merupaka kependekan dari telepon marketing, yaknik tenaga manusia yang memasarkan produk dan jasa melalui telepon. Dewasa ini, pekerjaan ini dinilai kurang efektif karena pemasaran telah digantikan dengan internet marketing. Orang relative sudah merasa bosan karena sebelumnya telah sering ditelepon tenaga pemasaran untuk menawarkan produk atau jasa.

Belum lagi dengan munculnya aplikasi yang dapat mengenali identitas penelepn, nomor telepon marketing sering kali telah diblokir terlebih dahulu sebelum sebpat berbicara dengan calon pelanggan.

Pekerja pabrik tekstil

Bila pada era sebelumnya, pabrik tekstil merupakan industri padat karya dan memapu menyerap banyak tenaga kerja, beda halnya dengan masa depan. Buruh pabrik tekstil seperti operator jahit, obras, sablon, dan lain-lain yang masih bekerja secara manual akan digantikan dengan mesin yang dapat bekerja secara otomatis.

Teller bank

Kebutuhan nasabah bank untuk setor tunai, ambil uang tuang, transfer uang, cek mutasi saldo, dan lain-lain dapat dipenuhi dengan mesin ATM, internet banking, dan mobile banking. Nasabah tidak perlu lagi datang dan antri ke kantor bank untuk melakukan aktivitas tersebut. Kemajuan teknologi ini dapat membuat profesi teller bank menjadi salah satu pekerjaan yang akan hilang di masa depan.

Agen perjalanan konvensional

Jenis pekerjaan yang akan hilang selanjutnya adalah agen perjalanan konvensional. Dengan informasi yang sangat mudah diakses, sekarang orang-orang akan dapat lebih leluasa dalam merencanakan bepergian atau liburan sendiri. Pembelian tiket, pemesanan hotel, dan kebutuhan liburan lainnya dapat dilakukan secara online.

Selain itu, kebanyakan wisatawan tidak lagi membutuhkan pemandu wisata. Petunjuk jalan, informasi destinasi serta informasi lainnya yang emnunjang kelancaran wisata telah tersedia dan dapat diperoleh dari internet.

Tidak ada yang dapat memastikan apa yang terjadi di masa depan. Daftar jenis pekerjan yang akan hilang tersebut di atas merupakan prediksi yang dibuat berdasarkan analisis para pakar. Pastikan kamu menambah keahlian dan keterampilan baru yang lain untuk memperluas peluang profesi baru yang lebih menjanjikan.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*