Hobi Kuliner? Inilah Jurusan Kuliah yang Cocok Buatmu




Ilustrasi: Menjadi seorang Chef. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Menjadi seorang Chef. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliner merupakan hal yang tidak bisa lepas dari keseharian kita. Karena setiap orang butuh makanan. Selain itu, bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak akan mati. Hobi kuliner juga menjadi gaya hidup dalam satu dekade belakangan ini.

Hobi kuliner dengan kata lain berarti memiliki passion di bidang ini. Hobi kuliner tidak selalu orang yang pandai mengolah makanan. Jadi, meskipun kita memiliki hobi kuliner, tidak berarti kita harus menjadi chef atau koki.

BACA JUGA:

Perkembangan IPTEK dan zaman juga membuat bidang kuliner terus berkembang dan muncul banyak inovasi. Prospek kerjanya juga menjanjikan. Inilah tujuh pilihan jurusan kuliah yang sesuai dengan hobi kulineran yang kamu sukai.

Manajemen Industri Katering

Di jurusan ini kamu tidak harus pintar memasak. Jurusan Manajemen Industri Katering adalah salah satu bagian dari jurusan Pariwisata, tetapi berfokus pada bidang kuliner. Di jurusan ini kamu akan belajar pengentahun dasar bidang kuliner local, nasional,dan internasional, pengoperasian dan manajeman bisnis kuliner, serta perencanaan, manajemen dan pemasarannya.

Saat ini jurusan Manajaenen Industri Katering adalah jurusan yang perta dan satu-satunya dalam jenjang sarjana di Indonesia. Sementara ini, jurusan ini masih hanya  ada di Universitas Pendidikan Indonesa.

Bisnis Kuliner

Jurusan ini sangat cocok buatmu yang ingin membangun bisnis makanan. Sesuai dengan namanya, di jurusan ini nantinya kamu akan belajar berbagai ilmu mulai keterampilan masak sampai manajemen bisnis. Setelah lulus dari jurusan ini, kamu dapat langsung membuka restoran sendiri karena telah belajar banyak tentang manajemen restoran. Jurusan ini ada di Universitas Ciputra Surabaya.

Tata Boga

Jurusan ini cocok untukmu yang ingin belajar tentang berbagai jenis makanan dan masakan. Jurusan ini sangat pas bila kamu memiliki passion di bidang makanan dan memiliki cita-cita sebagai koki atau chef. Di jurusan ini kamu akan belajar mengenai berbagai macam hidangan.

Perguruan tinggi  yang memiliki jurusan Tata Boga jenjang S-1 dengan akreditasi Unggul antara lain UNJ, Unesa, Unimed, UM, dan UPI.

Teknologi Pangan

Jurusan ini berfokus pada makanan yang diolah menjadi makanan kemasan. Di jurusan ini kamu akan belajar banyak mengenai persiapan makanan, pengolahan, makanan, kemasan makanan, hingga distribusi makanan.

Jurusan ini banyak terdapat di berbagai perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ilmu Gizi

Jurusan ini cocok untuk kamu tang tertaik dengan makanan dan peduli dengan kandunagn gizi pada setiap makanan. Mata kuliah yang diajarkan pada jurusan ini juga beragam, seperti kewirausahaan, teknologi pangan, hingga sosiologi dan psikologi. Jurusan yang memiliki prospek kerja yang menjanjiakan ini telah banyak berdiri di perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

Baking and Pastry Art

Jurusan ini mirip dengan jurusan Tata Boga, tetapi bila jurusan Tata Boga mempelajari berbagai macam masakan, di jurusan ini kamu hanya akan fokus pada cara membuat kue, roti, atau dessert lainnya. di juruan ini kamu akan mempelajari tentang patiseri, termasuk belajar membuat aneka kue dan roti bercita rasa tinggi dan teknik menghiasnya. Jurusan ini banyak terdapat di seluruh Indonesia terutama di perguruan tinggi pariwisata.

Perhotelan

Meskipun secara umum jurusan ini berfokus pada bidang perhotelan, tetapi masih ada kaitannya dengan kuliner, terutama food and beverage. Mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan ini sangat beragam. Dimulai dari tata boga, administasi hotel, keuangan, sampai psikologi. Jurusan perhotelan ini  banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Hobi kuliner memang tidak ada matinya. Akan lebih baik bila hobi kulineran yang kamu miliki dapat dilanjutkan sebagai jenjang pendidikan formal melalui jurusan-jurusan di tersebut di atas. Betapa senangnya bila hobi dapat berkembang menjadi profesi yang menghasilan uang, bukan.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*