Panduan Mudah Memilih Jurusan SMK Agar Terhindar dari Salah Jurusan




Ilustrasi: Praktik SMK

JAKARTA, KalderaNews.com – SMK atau Sekolah Menengah Kejurusan merupakan sekolah yang setara dengan SMA. SMK telah banyak menjadi pilihan karena mereka menyiapkan lulusan yang siap kerja. Pada masa pendidikannya pelajar di SMK dibekali keterampilan yang sesuai dengan jurusan.

Di SMK, terdapat banyak jurusan. Lebih banyak dan beragam daripada jurusan di SMA. Jurusan di SMK adalah jurusan keahlian. Sedangkan jurusan di SMA adalah jurusan untuk ilmu ilmiah, yang harus diasah lagi di bangku perguruan tinggi.

BACA JUGA:

Bagi kamu yang ingin melanjutkan ke SMK, ikuti panduan mudah memilih jurusan SMK ini agar terhindar dari salah jurusan. Cekidot, kuy!

Sesuaikan dengan minat

Jangan terpaksa atau tergesa dalam memilih jurusan SMK. Memilih jurusan SMK ini harus sesuai dengan minat. Kamu dapat memilih jurusan SMK yangs esuai hobi, sehingga akan benar-benar menikmati proses pendidikan dengan baik dan lulus dengan nilai memuaskan serta bekerja sesuai dengan keterampilan.

Selaras dengan cita-cita

Memilih jurusan SMK harus kamu sesuaikan dengan cita-cita. Bila kamu ingin menjadi chef, bekerja di restoran atau kapal pesiar, misalnya, kamu dapat memilih jurusan tata boga. Bila kamu ingin membuka salon, maka jurusan yang dapat kamu pilih adalah tata rias. Jadi, penting banget menentukan cita-cita terlebih dahulu sejak sekarang baru memilih jurusan SMK yang sesuai.

Kumpulkan informasi

Kumpulkan banyak informasi. Meskipun dengan banyaknya informasi akan membuatmu bingung, tetapi informasi yang lengkap akan memberikan pertimbangan yang lebih baik. Kamu juga dapat bertanya ke orang sekitar, keluarga atau kerabat mana jurusan yang tepat dengan cita-citamu dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Fokus pada keahlian

Sekolah di SMK merupakan sekolah keterampilan. Maka fokus belajarmu adalah meningkatkan keterampilan. Keterampilan juga bermakna kamu paham tentang teori dan mampu dalam praktik.

Cari tahu jurusan favorit

Ini merupakan tip penting dalam memilih jurusan SMK. Tentukan satu pilihan jurusan dan cari banyak informasi mengenai jurusan itu. Cari tahu juga keterampilan apa saja yang akan dipelajari dan didapatkan, kualitas, lulusan pada jurusan tersebut serta apa saja yang harus dipersiapkan.

Prospek kerja

Memilih jurusan SMK juga harus dilihat prospek kerjanya. Karena tujuan awal sekolah di SMK adalah menjadi lulusan yang siap bekerja, maka melihat jurusan SMK berdasarkan prospek kerja adalah penting.

Pertimbangan kuliah nantinya

Bila selepas SMK nantinya kamu masih ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maka hal ini dapat dijadikan pertimbangan saat memilih jurusan. Sekolah di SMK pun bisa melanjutkan kuliah. Maka dari itu pilih jurusan yang tepat saat SMK dan kelanjutannya nanti saat meneruskan kuliah. Seperti misalnya sekolah di SMK jurusan Administrasi Perkantoran kemudian bisa meneruskan di jurusan manajemen atau akuntansi saat kuliah.

Tengok lingkungan sekitar

Hal yang penting karena lulus SMK bisa langsung kerja. Lihat potensi di lingkungan sekitar. Usaha apa yang belum ada atau lapangan kerja jurusan apa yang banyak membuka kesempatan kerja.

Faktor lain

Memilih jurusan SMK dapat juga mempertimbangkan hal lain, misalnya untuk meneruskan usaha keluarga, dukungan keluarga atau memang terobsesi dengan salah satu anggota keluarga yang mengambil jurusan tertentu. Faktor ini dapat menjadi pertimbangan saat memilih jurusan SMK.

Ikuti kata hati

Dari sembilan panduan di atas, yang terpenting dalam memilih jurusan SMK adalah mengikuti kata hatimu sendiri. Pertimbangan dari orang lain memang penting, tetapi lebih penting mendengarkan kata hati.

Menentukan dan membangun masa depan yang cerah gemilang harus dimulai dari sekarang. Yakni memulai dari pemilihan jurusan saat sekolah, seperti SMK ini. Semangat belajar dan raih cita-cita sejak sekarang, yuk!
 

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*