Inilah Jurusan Kuliah Paling Tepat Buat Kamu yang Hobi Membaca




Ilustrasi: Tips membaca buku agar maksimal. (Ist.)
Ilustrasi: Membaca dan merawat koleksi buku agar maksimal. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu pasti perndah mendengar sebutan Si Kutu Buku. Yap, kutu buku merupakan sebutan bagi orang yang gemar membaca. Hobi membaca tergolong hobi yang murah dan dapat dengan mudah dilakukan di mana pun.

Salah satu ciri khas yang dapat dikenali dari pencinta buku yang mempunyai hobi membaca ini adalah, biasanya ia selalu membawa buku di dalam tasnya saat bepergian. Jika kamu mempunyai hobi membaca, kabar gembiranya adalah kamu dapat menempuh jenjang pendidikan yang cocok untuk hobimu ini.

BACA JUGA:

Simak, yuk!

Jurusan Sastra

Mendengar kata ‘sastra’ akan mengingatan kita pada buku dan keindahan gaya bahasa dalam bentuk tulisan seperti cerpen, novel, puisi, naskah drama, dan lain-lain. Bila kamu masuk jurusan ini, kamu berkesempatan untuk membaca banyak karya sastra tersebut. Ini jurusan surga bagi yang mempunyai hobi membaca.

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Perpustakaan merupakan tempat yang identik dengan orang yang mempunyai hobi membaca. Sehingga, jurusan Ilmu Perpustakaan merupakan jurusan yang dapat kamu pertimbangkan bila kamu ingin melanjutkan kuliah.

Di jurusan ini kamu akan belajar sistem pengarsipan, penyimpanan dokumen dan buku, serta pengelolaan informasi yang baik untuk mempermudah para pengunjung. Saat kamu lulus kamu akan memiliki kemampuan manajerial, kemampuan berpikir sistematis dan analitis.

Jurusan Ilmu Filsafat

Ilmu Filsafat sering disebut sebagai mother of all science atau induk dari segala ilmu. Jurusan ini cocok untuk kamu yang mempunyai hobi membaca dan memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari cara berpikir, sehingga mendorongmu untuk berpikir kritis dan benalar logis. Kamu juga akan dilatih untuk berpikir terstruktur dan memproses sebuah informasi secara jernih.

Jurusan Ilmu Politik

Jurusan ini membutuhkan sosok yang berwawasan luas, memiliki keterampilan riset da analisis yang kuat, dan tentu saja keterampilan tersebut cocok dengan jurusan Ilmu Politik ini. di Jurusan ini kamu akan belajar mengenai politik di Indonesia dan juga di berbagai negara lain. Kamu juga akan menganalisis dinamika politik.

Lulusan jurusan ini tidak harus menjadi politisi. Selain mendapatkan kesempatan untuk masuk ke instansi pemerintah, kamu juga bisa masuk ke dunia media, menjadi akademisi, bahkan masuk ke perusahaan ke bagian government affair.

Jurusan Sejarah

Jika kamu suka membaca dan tertarik dengan cerita sejarah, jurusan satu ini pantas kamu pertimbangan. Di jurusan Sejarah ini kamu akan mempelajari geografi sejarah, sejarah kerajaan Nusantara, sejarah Indonesia, sejarah dunia, dan pengentahuan pendukung lainnya.

Di jurusan Sejarah ini kamu akan mempelajari konteks yang luas, cakupannya terdiri dari budaya, bahasa, ekonomi, sosial  politik, militer, hingga agama.

Jurusan Ilmu Hukum

Di jurusa ini kamu akan belajar tentang sistem hukum yang jberhubungan dengan kehidupan kemasyarakatan dan kegiatan bisnis. Di jurusan ini pula kamu akan mendalami perundang-undangan termasuk di dalamnya hukum dasar seperti: konstitusi,  hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana, serta hukum internasional.

Untuk memperlajari itu semu, sangat tepat bila kamu yang hobi membaca untuk kuliah di jurusan ini.

Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional ini dikenal sebagai multi discipline subject, karena jurusan ini memang menerapkan banyak disiplin ilmu. Jurusan ini berkaitan erat dengan hubungan antar negara, politik dalam negeri dan politik luar negeri.

Kuliah di jurusan ini kamu akan dilatih berpikir kritis, memiliki kemampuan bernegosiasi dan berbahasa asing yang makin tajam.

Dari tujuh jurusan tersebut di atas pasti kamu sudah mulai ada gambaran untu memilih jurusan yang sesuai dengan hobi membaca yang kamu miliki, bukan? Jangan lupa juga disesuaikan dengan bakat yang kamu punya dan jangan lupa minta doa restu orang tua.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*