Kuliah Sejarah Bingung Kerja Di Mana? Ini Prospek Lulusan Jurusan Sejarah




Lulus Kuliah Langsung Dapat Kerja
Ilustrasi: Lulus Kuliah Langsung Dapat Kerja

JAKARTA, KalderaNews.com – Mahasiswa jurusan Sejarah kerap mendapat ledekan ‘susah move-on’. Sebab ketika mahasiswa lain belajar untuk membangun masa depan, mahasiswa jurusan sejarah malah mempelajari beragam hal yang ada di masa lalu.

Bagi sebagian orang, mempelajari sejarah bisa membuat bosan dan mengantuk. Padahal lulusan jurusan sejarah ini memiliki prospek kerja yang bagus dan menjanjikan. Inilah prospek lulusan sejarah yang harus kamu ketahui.

BACA JUGA:

Sejarawan

Lulusan jurusan Sejarah memang kerap menjadi sejarawan. Sejarawan adalah seseorang yang pekerjaannya meneliti, menganalisis, mencatat, serta menafsirkan masa lalu. Menjadi seorang sejarawn merupakan pekerjaan yang menantang karena kamu akan dapat terus melatih nalar kritismu sekaligus meneliti hal-hal baru yang menarik.

Pemandu wisata sejarah

Wisata sejarah merupakan wisata yang akan terus berkembang. Untuk dapat memahami peninggalan sejarah di lokasi-lokasi tertentu masyarakat pasti membutuhkan pemandu. Tentu saja pemandu wisata sejarah ini bukan sembarang orang, melainkan orang yang memahami sejarah secara benar bukan yang hanya melalui dongeng turun temurun.

Bila kamu lulusan jurusan sejarah dengan konsentrasi pendidikan sejarah, maka menyampaikan informasi mengenai suatu tempat bersejarah pasti bukan hal yang sulit.  

Vlogger Sejarah

Menjadi vlogger merupakan pekerjaan yang banyak digemari milenial dewasa ini. Dengan konten sejarah yang kamu unggah kamu dapat memberikan edukasi yang berkualitas dan baik kepada masyarakat mengenai tempat-tempat sejarah. Kamu bahka berkesempatan berkeliling Indonesia bahkan dunia untuk membuat konten sejarah ini.

Kurator museum

Kurator museum adalah orang yang melakukan kegiatan perawatan, pengawetan, dan penelitian terhadap koleksi museum. Secara tidak langsung pekerjaan ini berperan juga sebagai pengurus museum. Indonesia yang memiki sangat banyak museum ini menjadi sebuah kesempatan meniti karier bagimu sebagai seorang kurator museum.

Tenaga pengajar

Cakupan materi yang luas pada jurusan sejarah dapat memberimu peluang sebagai tenaga pengajar, baik guru di sekolah menengah maupun dosen di perguruan tinggi. Kamu bisa menjadi dosen di jurusan arkeologi meskipun kamu merupakan seorang lulusan sejarah.

Penulis

Penelitian merupakan yang akrab dengan mahasiswa jurusan sejarah. Sejak duduk sebagai mahasiswa di jurusan sejarah, kamu akan terbiasa melakukan penelitian dan menuliskannya. Tokoh Soe Hok Gie, yang terkenal bahkan hingga difilmkan kisahnya itu merupakan lulusan sejarah yang aktif menulis buku. Hal ini membuktikan bahwa lulusan sejarah memiliki peluang yang besar untuk menulis buku, baik buku non-fiksi maupun buku fiksi dengan latar belakang sejarah.

Dengan penjelasan di atas kamu tidak tentu galau lagi bila ingin memilih jurusan Sejarah, bukan? Masih banyak peluang pekerjaan terkait bidang  ini di masa depan.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*