Orang Tua Harus Paham, Ternyata Ini Tanda Anak Siap Masuk Sekolah




Hari Pertama Masuk Sekolah Dasar
Hari Pertama Masuk Sekolah Dasar (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Selama ini, umur anak selalu dijadikan patokan bagi orang tua untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah. Biasanya anak yang sudah berusia 4-5 tahun, orang tua langsung berpikiran bahwa anak telah siap untuk masuk sekolah.

Padahal kesiapan anak untuk bersekolah tidak sebatas dari usianya saja. Ada tanda perkembangan dan perilaku anak yang harus diperhatikan juga oleh orang tua. Tanda perkembangan inilah yang menjadi tanda bahwa anak sudah siap atau belum untuk mulai bersekolah.

BACA JUGA:

Inilah tanda anak yang siap masuk sekolah yang harus dipahami orang tua.

Anak tertarik dengan alat tulis

Tanda pertama yang ditunjukkan anak bahwa ia siap bersekolah yaitu mulai tertariknya dengan alat tulis. Bisa dengan ia mulai sering meminta kertas dan pensil.

Antusias saat dibacakan buku cerita

Cara ini akan terlihat saat dibacakan buku cerita dan orang tua dapat melihat reaksi anak saat mendengarkan ceritanya. Anak yang sudah siap bersekolah akan antusias saat dibacakan buku cerita dan menunjukkan berbagai respons.

Tertarik dengan hal yang berkaitan dengan sekolah

Tanda lain bahwa anak sudah siap untuk bersekolah yaitu dari ketertarikannya. Atau bahkan anak mulai meminta untuk disekolahkan.

Mandiri

Kemandirian anak juga dapat menjadi sebuah tanda bahwa anak sudah siap bersekolah. Contoh kemandirian anak yaitu ia bisa melakukan beberapa hal seerhana tanda bantuan dari orang tua atau pengasuhnya.

Salah satu indikator kemandirian adalah kebiasaannya membuang air kecil. Dengan begitu saat di sekolah anak sudah tahu saat ia ingin buang air kecil harus kemana dan bagaimana di dalam kamar mandi.

Mengikuti instruksi sederhana

Respon anak saat diberikan instruksi sederhana juga menjadi tanda anak sudah siap sekolah. Beberapa instruksi sederhana yang sudah bisa dilakukan anak seperti meletakkan barang di tempat semulanya, membereskan mainan, membuang sampah di tempatnya. Kalau instruksi sederhana ini sudah bisa dilakukan, maka tanda anak siap bersekolah sudah muncul.

Mengerti arahan

Tanda berikutnya adalah anak sudah mampu memahami arahan yang diberikan orang tuanya. Beberapa arahan di antaranya adalah rajin mencuci tangan atau bisa makan sendiri.

Sosialisasi baik

Tanda yang dapat dilihat berikutnya adalah interaksi anak dengan teman sebayanya. Salah satu tanda bahwa anak sudah siap bersekolah yaitu adanya interaksi yang bak dengan teman sebaya atau orang sekitarnya.

Tujuh tanda anak siap masuk sekolah tersebut di atas merupakan indikator  yang dapat dilihat oleh orang tua sebagai pertimbangan untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah. Bila usia masih terlalu muda  dengan tanda-tanda tersebut dapat dijadikan acuan.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*