8 Cara Jitu Mengajari Anak Menulis Dengan Rapi, Orangtua Harus Tahu




Ilustrasi orang tua mengajarkan pentingnya pendidikan pada anak (KalderaNews/Ist)
Orangtua dan anak di rumah (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Salah satu tanggung jawab orang tua adalah mengajari anak belajar banyak hal di rumah, selain diajari guru di sekolah. Belajar di sekolah yang hanya beberapa jam itu tidak cukup, tidak akan membuat anak langsung terampil. Membaca, berhitung, dan menulis merupakan keterampilan dasar yang dapat dipelajari sejak dini.

Agar anak makin mahir dalam membaca, berhitung, dan menulis, mengandalkan jam belajar di sekolah saja tidak cukup. Diperlukan latihan yang cukup banyak di rumah dengan orang tua sebagai pendamping. Orang tua harus tahu cara mengajari anak membaca, menulis, dan berhitung agar proses belajar di rumah berlangsung dengan menyenangkan.

BACA JUGA:

Inilah delapan cara jitu yang dapat dilakukan orangtua untuk mengajari anak menulis dengan baik dan rapi di rumah.

Tempat yang nyaman untuk latihan menulis

Menyediakan tempat yang nyaman merupakan hal yang penting untuk anak. Denagn tempat yang nyaman, anak akan belajar dengan tenang dan fokus. Tempat yang nyaman artinya anak dapat berlatih menulis dengan meja dan tempat duduk yang pas, tidak terlalu tinggi atau rendah.

Ciptakan suasana yang menyenangkan

Selain suasana yang menyenangkan, suasana yang menyenangkan maksudnya adalah anak diajak bernyanyi dan bergembira. Menciptakan suasana hati yang menggembirakan baik untuk anak yang akan belajar menulis.

Latihan menggenggam

Untuk menulis dengan pensil dan kertas, anak harus tahu caranya memegang alat tulis. Pada era digital, anak yang telah sejak dini mengenal gawai harus dikenalkan dengan alat tulis. Sebelum latihan dan belajar menulis dimulai, sebaiknya anak belajar menggenggam terlebih dahulu.

Minta bantuan guru di sekolah

Orang tua dapat bekerja sama dengan guru di sekolah untuk mendapatkan lembar latihan yang dapat dikerjakan di rumah. Cara ini dapat membuat anak merasa punya kewajiban untuk menyelesaikannya sbegai bagian dari tugas sekolah.

Ajari menulis dengan pola

Teknik yang dapat dicoba adalah mengajari anak menulis dengan rapi adalah dengan berlatih menulis terlebih dahulu. Anak dapat diajari cara membuat garis dan lengkung hingga membentuk huruf. Pola yang menggunakan titik-titik yang membentuk masing-masing huruf agar anak bisa menulis mengikuti pola yang ada.

Berikan imbalan

Anak akan semangat bila diberi imbalan khusus atas prestasinya. Bila anak mampu menulis dengan rapi, anak dapat diberikan pujian dan hadiah. Makin rapi tulisannya, makin bernilai hadiahnya. Hal ini pasti membuat anak makin semangat.

Biarkan imajinasinya

Tidak hanya bentuk huruf yang harus terus dilatih, isi dari tulisan anak juga harus terus diasah. Biarkan anak berimajinasi dan menuliskannya dalam tulisan. Misalnya menulis surat untuk guru, kakek dan nenek, atau bercerita tentang tokoh idolanya. Cara ini dapat merangsang kemampuan kognitif anak agar makin cerdas.

Selingi dengan menggambar

Agar tidak bosan berlatih menulis, selingi dengan menggambar atau mewarnai. Menggambar juga merupakan cara efektif untuk melatih motorik agar anak lebih terampil menggenggam alat tulis dengan baik. Kombinasi antara tulisan dengan gambar juga dapat dilakukan. Saat anak menggambar sesuatu, ia dapat diminta untuk menuliskan cerita dari gambarnya tersebut.

 Delapan cara tersebut dapat dilakukan di rumah dengan santai dalam suasana yang menyenangkan. Dengan cara ini diharapkan anak makin rajin, semangat, dan tetap bergembira dalam belajar dan berlatih.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*