Tip Sukses Agar Proposal Penelitian Segera Disetujui Dosen Pembimbing




Ilustrasi: Cara cepat selesaikan skripsi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Ilustrasi: Cara cepat selesaikan skripsi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Mahasiswa sering mengakami kesulitan saat menentukan penelitian yang mereka lakukan untuk tugas akhir. Sering kali judul penelitian mereka ditolak oleh dosen pembimbing. Penolakan dari dosen pembimbing ini pasti akan membuat drop dan kehilangan semangat.

Agar tidak sampai semangatmu dalam mengerjakan seminar penelitian kendur, maka dalam menyusun proposal penelitian, ada trik dan tip yang dapat diaplikasikan. Inilah trik agar proposal penelitian dapat segera disetujui dosen pembimbing. Cekidot, gaes!

BACA JUGA:

Ambil tema penelitian kekinian

Tema yang sedang terkini pasti akan menarik untuk dibaca analisisnya. Mengambil tema berdasarkan isu yang terkini merupakan trik pertama dalam menyusun proposal penelitian.

Topik penelitian yang solutif

Bila proposal penelitianmu mengandung topik penelitian yang solutif dan dapat menyelesaikan permasalahan banyak orang, ini merupakan trik kedua agar proposal penelitianmu dapat segera disetujui oleh dosen pembimbingmu.

Penyempurnaan dari penelitian sebelumnya

Seminar proposal hasil pemikiranmu haruslah menjadi penyempurna dari penelitian yang telah ada sebelumnya. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi dosen pembimbing. Hal ini dapat membuat proposalmu mudah mendapat persetujuan.

Topik yang diambil menarik untuk dikaji

Bila topik penelitian yang kamu ambil menarik untuk dikaji secara akademis maupun non-akademis, maka ini akan menjadi hal yang menarik bagi dosen pembimbing. Ini merupakan kesempatan untuk mendapat persetujuan lebih cepat.

Tema yang baru

Tip terakhir adalah usahakan teman penelitianmu merupakan tema yang baru dan belum ada penelitian yang membahas tema ini sebelumnya. Hal ini akan membuat dosen pembimbing akan lebih mudah memberikan persetujuan.

Itulah tadi trik yang terkait dengan tema seminar proposal yang dapat kamu aplikasikan agar seminar penelitianmu mendapat persetujuan dari dosen pembimbing lebih cepat. Pastikan juga kamu memahami arahan dosen pembimbing dan merevisi sesuai dengan masukan dan saran beliau. Yuk, bisa yuk!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*