4 Tips Taktis Temukan Judul Skripsi

JAKARTA, KalderaNews.com – Mahasiswa tingkat akhir pasti bertemu dengan skripsi, apabila tidak dikerjakan maka waktu kuliah akan semakin lama. Tahap tersebut memang menguras energi dan pikiran, meskipun baru memikirkan judul skripsi. Bukan perkara mudah menentukan judul sebagai fokus pembahasan skripsi. Supaya tidak terlalu pusing, simak terlebih dahulu 4 tips taktis berikut ini!

Sesuaikan Minat

Poin penting dalam pengerjaan skripsi adalah ketahui minat dalam menulis. Tentukan topik penelitian yang kamu sukai dan kuasai sehingga mengerjakan skripsi menjadi tidak terlalu beban. Minat menulis dapat kamu telusuri dari mata kuliah yang telah diambil. Selain itu, perbanyak bacaan untuk menemukan beragam ide judul. Awalnya mungkin sulit untuk memulai baca banyak jurnal dan artikel, tapi lama-kelamaan menjadi terbiasa.

Jangan Ragu Menghadap Dosen Pembimbing

Temui dosen pembimbing untuk konsultasi. Bagaimanapun, dosen pembimbing merupakan fasilitator untuk penulisan skripsi, maka jangan putus komunikasi. Alangkah lebih baik jika kamu menyiapkan alternatif judul untuk diskusi saat bertemu dosen pembimbing.

BACA JUGA:

Peka dengan Fenomena

Skripsi dapat melatih mahasiswa untuk peka dengan fenomena berdasarkan riset. Perbanyak aktif diskusi dengan kerabat dan baca berita dapat mengasah kemampuan melihat fenomena. Dengan begitu, kamu dapat mengkritisi sesuai porsi berdasarkan acuan yang kredibel.

Ekspektasi dan Realita Harus Sesuai Kemampuan

Skripsi memang tahap akhir dari perkuliahan, akan tetapi jangan terlalu perfeksionis untuk membuat kesan mendalam. Semakin perfeksionis ketika menentukan judul, maka semakin lama memulai. Kamu harus menyelaraskan topik dengan akses, kemampuan, situasi, dan faktor lainnya. Pikirkan serta sesuaikan ekspektasi dan realita saat menentukan judul supaya tidak putus di tengah jalan.

Itulah 4 tips dalam menentukan judul skripsi. Kamu dapat menganggap skripsi sebagai proses pembelajaran hidup supaya ada makna ketika mengerjakannya. Selamat menggarap skripsi!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*