22 Desember Peringatan Hari Ibu, Begini Sejarah Penetapannya




Hari Ibu. (Ist.)
Hari Ibu. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Peringatan Hari Ibu akan kita rayakan pada 22 Desember 2021. Peringatan ini merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa.

Mengapa dipilih tanggal 22 Desember sebagai peringatan Hari Ibu? Ternyata begini sejarahnya.

BACA JUGA:

Bermula dari Sumpah Pemuda dan lantunan lagu Indonesia Raya pada 28 Oktober 1928, yang turut membangkitkan semangat para pimpinan perkumpulan kaum perempuan untuk mempersatukan diri dalam satu kesatuan wadah mandiri. Kala itu, sebagian besar perkumpulan masih menjadi bagian dari organisasi pemuda pejuang pergerakan bangsa.

Atas prakarsa para perempuan pejuang pergerakan kemerdekaan, pada 22-25 Desember 1928 digelar Kongres Perempuan Indonesia untuk pertama kalinya di Yogyakarta. Salah satu keputusan dibentuk satu organisasi mandiri dengan nama Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI).

Pada 1929, Perikatan Perkoempoelan Perempuan Indonesia (PPPI) berubah nama menjadi Perikatan Perkoempoelan Istri Indonesia (PPII). Dan pada 1938, Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung menyatakan bahwa 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Keputusan tersebut kemudian dikukuhkan Pemerintah dengan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur tertanggal 16 Desember 1959, yang menetapkan bahwa Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan hari nasional dan bukan hari libur.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*