5 PTS Pilihan di Pulau Sumatera versi Webometrics, Cuma Satu dari Padang




Universitas Bung Hatta Padang. (KalderaNews.com/Ist.)
Universitas Bung Hatta Padang. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Setidaknya ada 5 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Pulau Sumatera masuk dalam jajaran pilihan kampus terbaik versi Webometrics, salah satunya dari Padang.

Informasi pemeringkatan dari Webometrics biasanya selalu menjadi acuan bagi sebagian kamu yang ingin menentukan pilihan melanjutkan pendidikan tinggi, khususnya bagi yang bermukim di sekitar Pulau Sumatera.

BACA JUGA:

Inilah 5 PTS pilihan di Pulau Sumatera versi Webometrics:

Universitas Medan Area (UMA) – peringkat ke-4632

UMA sendiri telah berdiri sejak pada 29 April 1983. Untuk di kawasan Indonesia, UMA masuk dalam peringkat 58, dan di Sumatera Utara menempati urutan pertama.

Saat ini, UMA memiliki 2 lokasi kampus yakni di Jln. Kolam Medan dan di Jalan Sei Serayu Medan.

UMA telah memiliki 7 fakultas dari jenjang sarjana sampai doktoral. Untuk biaya yang dibutuhkan berkuliah di UMA, sekitar 7 juta – 9 jutaan Rupiah per semester, di luar biaya administrasi dan biaya pendaftaran.

Universitas Potensi Utama (UPU) Medan – peringkat 5213

UPU yang berada di Jalan Yos Sudarso Medan ini awalnya pada tahun 2023 bernama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika (STMIK) Potensi Utama, kemudian beralih nama menjadi UPU pada tahun 2004.

Untuk peringkat PTS se-Indonesia, UPU masuk dalam urutan ke 78.

Memiliki jenjang pendidikan sarjana dan magister, ada 6 fakultas yang bisa kamu pilih.

Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) Lampung – peringkat 7599

UMM berada di Jalan Ki Hajar Dewantara Iringmulyo, Lampung mendapat urutan ke 190 jika dalam pemeringkatan PTS di Indonesia.

Ada 6 fakultas yang tersedia di UMM Lampung, dengan kisaran estimasi biaya per semesternya 2 juta – 5 juta Rupiah tergantung jurusan dan program studi yang kamu pilih nantinya.

Universitas Bina Darma (UBD) Palembang – peringkat 7991

Kampus UBD terletak di Jalan Jenderal Sudirman Ulu, Palembang didirikan pada 28 Desember 1993. PTS dari kota Palembang ini, masuk dalam urutan no 199 bila bersanding dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Bicara soal fasilitas, kampus UBD sudah terkenal memiliki sarana dan prasarana yang baik di Palembang. UBD memiliki 7 fakultas dari tingkat diploma sampai magister. Kisaran biaya jika kamu berkuliah di UBD, sekitar 5 juta – 9 juta Rupiah di luar biaya administrasi dan biaya pendaftaran.

Universitas Bung Hatta (UBH) Padang – peringkat 13562

Urang awak boleh berbangga, karena UBH juga masuk dalam peringkat perguruan tinggi di Indonesia nomor ke 418. Di UBH terdiri dari 7 fakultas yang nanti bisa kamu pilih sesuai minat yang sesuai.

Untuk estimasi biaya jika kamu ingin melanjutkan pendidikan tinggi di UBH, sekitar 6 juta – 7 juta Rupiah per semester, tergantung jurusan dan jenjang pendidikan.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*