6 Cara Ampuh yang Dapat Dipakai Orang Tua untuk Anak yang Kecanduan Gadget




Mengatasi kecanduan gadget
Ilustrasi: Mengatasi kecanduan gadget. (Ist)

JAKARTA, KalderaNews.comGadget atau gawai kini makin memiliki peran dan fungsi penting dalam kehidupan seseorang termasuk anak-anak. Anak dapat belajar, menambah pengetahuan dan keterampilan dari gadget mereka. Tidak hanya itu, mereka juga bisa mendapatkan hiburan dari alat eletronik tersebut.

Sayangnya, namanya juga anak-anak, kadang belum bisa mengendalikan diri dalam menggunakan gadget sesuai dengan kebutuhan. Anak bisa saja menggunakan gadget secara berlebihan hingga menimbulkan kecanduan.

BACA JUGA:

Kecanduan gadget ini dapat mengakibatkan dampak buruk seperti anak tidak mau bergaul dengan teman, lupa belajar dan mengerjakan tugas, dan yang paling bahaya adalah menggangu kesehatan mata.

Masalah kecanduan gadget ini kerap terjadi di sekitar kita dan membuat para orang tua bingung cara mengatasainya. Inilah enam cara ampuh yang dapat dicoba orang tua untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget.

Mengurangi frekuensi secara bertahap

Saat anak sedang kecanduan gadget, kita tidak bisa menghentikannya begitu saja. Mereka bisa saja akan marah, memberontak, dan meminta gadget-nya itu dikembalikan. Jangan diminta atau direbut, tetapi buatlah frekuensi waktu menggunakan secara bertahap. Misalnya dari enam jam per hari menjadi empat jam per hari pada pekan depan, dan seterusnya hingga akhirnya anak tidak tergantung pada gadget.

Memberikan alternatif kegiatan dan permainan

Anak dapat saja merasa bosan dengan waktu luangnya, yang sebelumnya diisi dengan bermain menggunakan gawai, sekarang bengong, Agar anak tidak bosan, orang tua bisa mendaftarkan anak pada beberapa les, seperti les tari, musik, taekwondo, dan lain-lain.

Sebagai orang tua, kita bisa juga menganjurkan anak untuk bermain bersama tetangga atau teman sebayanya baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Banyaknya kegiatan yang dilakukan anak akan menyita perhatian mereka dan melupakan gawai.

Luangkan waktu untuk anak

Dalam mengatasi kecanduan gadget ini juga orang tua harus memiliki komitmen yang tinggi. salah satunya adalah dengan meluangkan waktu untuk bisa beraktivitas atau bermain dengan anak. Pada akhir pekan anak bisa diajak lagi pagi, memasak makanan kesukaannya, berkebun, atau membuat prakarya. Aktivitas yang dilakukan bersama dengan anak akan membuat mereka tidak memikirkan gadget.

Menjadi panutan

Bagian ini juga challenge untuk orang tua. Yakni jika kita ingin anak mengurangi waktunya bersama gawai, maka sebagai orang tua kita juga harus menunjukkan hal yang sama. Saat bersama mereka, orang tua juga diharapkan tidak memegang gawai. Aturan tidak memegang gawai ini bisa juga dipakai sebagai aturan bersama di rumah.

Ajaklah diskusi

Komunikasi dengan anak juga penting. Anak harus mengerti mengapa ada aturan mengenai pembatasan penggunaan gawai tersebut beserta dampak buruk pengguanan gawai secara berlebihan. Bila anak sudah paham, mereka dapat mengurangi bermain gawai dengan sendirinya.

Bersikap tegas terhadap aturan yang diberikan

Mengatasi anak yang kecanduan gadget memang tidak mudah serta butuh waktu lama untuk membuat anak terlepas dari ketergantungannya itu. Orang tua harus sabar dan tetap tegas dalam menerapkan peraturan-peratuan yang telah disepakati, misalnya tentang durasi bermain dengan gawai, waktu-waktu tidak diperbolehkan menggunakan gawai, dan aturan lain misalnya.

Gawai memang tidak sepenuhnya buruk. Terlebih bila pembelajaran juga dilakukan secara daring seperti zaman sekarang. Dalam mengatasi anak yang kecanduan gadget, sebelumnya orang tua harus menyadari bahwa mereka juga tidak sedang kecanduan hal yang sama.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*