Mengenal Jurusannya #GhozaliEveryday, Yuk! Yang Tergolong Baru, Program Studi Animasi




Animasi merupakan salah satu jenis video penjelasan yang banyak diminati siswa. Aplikasi digital membantu guru untuk membuat video penuh grafis jelas dan menarik. (KalderaNews/ Syasa Halima)
Animasi merupakan salah satu jenis video penjelasan yang banyak diminati siswa. Aplikasi digital membantu guru untuk membuat video penuh grafis jelas dan menarik. (KalderaNews/ Syasa Halima)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ghozali dari Universitas Dian Nuswantoro terkenal beberapa saat terakhir ini. Ghozali merupakan mahasiswa dari program studi Animasi. Wah, keren! Belum sampai lulus, tetapi sudah menghasilkan banyak uang.

Seperti apa itu jurusan animasi tersebut? Yuk, kita kupas di sini.

Animasi merupakan gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan gambar yang disusun secara berurutan. Ketika gambar yang disusun tadi digeser satu per satu, maka akan muncul semacam efek gerakan dari objek dalam gambar itu sendiri. Hingga terjadilah sebuah animasi gambar bergerak atau yang sering kita dengan sebagai kartun.

BACA JUGA:

Jurusan ini berhubungan dengan gambar dan cerita tertentu, pasti proses pengerjaan animasi merupakan proses kreatif ditambah sentuhan teknologi. Proses kreatif dalam membuat film aninasi menjadi unik dan selalu bisa dikembangkan. Sedangkan faktor teknologi akan menentukan bagaimana hasil dari animasi dapat menarik secara visual.

Program studi animasi memiliki dua peminatan, yakni film animasi dan animasi game. Peminatan film animasi biasanya akan berfokus pada produksi film animasi, sedangkan dalam peminatan animasi game, pada dasarnya akan mempelajari cara mendesain suatu game dan berbagai macam karakter di dalamnya.

Lulusan dari program studi animasi dapat menempuh karier sebagai storyboard artist, animator, produser film animasi, video game designer, visual effects designer, talent director, consept artist.

Selain pekerjaan yang berhubungan dengan animasi, ada beberapa jenis pekerjaan lainnya yang dapat  dikerjakan oleh seorang animator: pengarah konsep iklan, desainer pameran, sutradara, editor film atau video, artis permainan, spesialis multimedia, produser musik, desainer produksi teater televisi dan film, dan teknisi suara.

Jika kamu senang bekerja secara kreatif  dan sering memiliki ide-ide baru, mungkin itu merupakan pertanda bahwa jurusan animasi merupakan jurusan yang sangat tepat untukmu. Menjadi animator merupakan pekerjaan masa depan yang akan banyak dibutuhkan di masa depan. Selain peluang pekerjaan di atas lulusan program studi ini dapat juga bekerja sebagai motion designer, illustrator, produser film, sutradara, dan pekerjaan kreatif lainnya.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*