Lulus SMK Ingin Kuliah? Inilah Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan Anak SMK




Ilustrasi: Pilihan jurusan kuliah untuk lulusan SMK. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Pilihan jurusan kuliah untuk lulusan SMK. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sekolah Menengah Kejuruan memang diincar karena lulusannya siap turun ke dunia kerja. Karena memang pelajar SMK dipersiapkan untuk tujuan tersebut. Kelebihan dari anak SMK sendiri adalah sering praktik, sehingga mereka lebih cepat menemukan passion mereka.

Proses pembelajaran di SMK mengarahkan lulusannya untuk ke dunia kerja. Mereka pun memiliki gambaran yang jelas tentang rutinitas dan tempat kerja. Namun demikian, banyak lulusan SMK yang ingin melanjutkan kuliah.

BACA JUGA:

Karena telah disiapkan untuk langsung bekerja, kadang pilihan melanjutkan kuliah menciptakan kebingungan pada lulusan SMK ini. inilah jurusan kuliah yang dapt menjadi pertimbangan untuk melanjutkan kuliah.

Administrasi perkantoran

Jurusan administrasi perkantoran mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan administrasi, dimulai dari surat menyurat, pengarsipan, hingga tata cara dan etika kerja di kantor. Lulusan administrasi perkantoran dapat bekerja di perusahaan, baik di sektor pemerintahan maupun swasta.

Akuntansi

Jurusan akuntansi menjadi salah satu jurusan favorit yang menggiurkan dengan gaji yang menjanjikan. Setiap perusahaan memerlukan lulusan akutansi untuk menghitung untung dan rugi laba. Laporan tersebut digunakan sebagai evaluasi perusahaan perusahaan untuk ke depannya.

Perbankan

Jurusan perbankan hampir sama dengan akuntansi, yakni membekali mahasiswa dengan keahlian hitung-menghitung. Hanya saja perbankan lebih mengarah pada kegiatan yang berhubungan dengan bank, seperti perhitungan uang, pembukuan, dan dokumentasi.

Marketing/Pemasaran

Pada jurusan pemasaran mahasiswa akan mempelajari stratei pasar, kewirausahaan, dan membaca peluang bisnis. Jurusan ini berfoku pada keahlian dan membaca peluang bisnis. Lulusan dari jurusan pemasaran dapat bekerja dalam sektor apapun karena setiap usaha membutuhkan seorang marketer.

Jurnalistik

Salah satu jurusan kuliah yang cocok untuk anak SMK adalah jurnalistik. Jurusna ini membekali mahasiswa bagaimana cara mendapatkan data dan bahan yang akurat serta menarik, mengadakan wawancara dan publikasi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di mana saja, seperti kantor surat kabar, majalah, publikasi stasiun TV, dan lain-lain.

Animasi

Dunia animasi sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat pada era digital sekarang ini. Maka dari itu, jurusan animasi sedang gencar-gencarnya membuat berbagai macam produk animasi yang menarik. Dengan membuat animasi, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang sangat besar.

Multimedia

Jurusan yang berhubungan dengan pengembangan web, multimedia, permainan atau game, dan produksi sinema sedang banyak dibutuhkan oleh berbagai industri media. Seperti TV, radio, web desain, dan lain sebagainya.

Tata Busana

Pada jurusan tata busana mahasiswa akan dibekali dengan keahlian menggambar, menggunting pola pakaian, memilih bahan, dan membuat pakaian jadi. Selain itu, kamu juga dapat mempelajari cara memasarkan produk, cara melihat dan menciptakan tren fashion, serta menggunakan teknologi untuk menyelesaikan karya.

Tata Boga

Jurusan tata boga memiliki prospek kerja yang sangat luas. Kamu tidak hanya dapat bekerja di restoran atau hotel sebagai juru masak. Kamu bisa berwirausaha dengan keahlian memasak yang dimiliki. Selain itu, kamu dapat menjadi seornag food-stylist di stasiun TV, radio, dan Youtube.

Pariwisata

Jurusan parisiwata cocok untuk kamu anak SMK yang tidak ingin terikat dengan peraturan kerja kantoran. Kuliah di jurusan ini akan diarahkan bagaimana cara memberikan pelayanan jasa hiburan dan parisiwata kepada klien.

Sepuluh jurusan tersbeut di atas merupakan alternatif yang dapat dipilih untuk jurusan SMK yang ingin melanjutkan kuliah. Sekarang sudah ada gambaran untuk melanjutkan kuliah ke mana, kan?

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*