Persiapan Vaksinasi Booster, Ini Kiat dari Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya

Ilustrasi: Seorang remaja sedang menerima vaksin Covid-19. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Seorang remaja sedang menerima vaksin Covid-19. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

SURABAYA, KalderaNews.com – Pemerintah mengimbau masyarakat melakukan vaksin booster Covid-19 untuk menghindari varian Omicron. Bagi yang telah memenuhi syarat atau telah divaksin pertama dan kedua, vaksinasi booster dapat dilakukan.

Namun, menurut Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Ira Purnamasari, masyarakat perlu memperhatikan beberapa hal supaya vaksin booster dapat bekerja semaksimal mungkin.

BACA JUGA:

“Sama seperti vaksinasi dosis 1 dan 2, vaksinasi booster juga beresiko menyebabkan KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi, apalagi ketika kondisi tubuh tidak cukup sehat saat menerima vaksin, maka akan muncul beberapa efek samping seperti nyeri di bagian bekas suntikan, nyeri sendi, demam, meriang hingga mual,” jelas Ira Purnamasari.

Ira Purnamasari juga memaparkan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan menerima vaksinasi booster, seperti menjaga kondisi tubuh agar tetap fit, mengkonsumsi makanan bernutrisi, minum air mineral minimal 2 liter/hari, dan tidur yang cukup.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*