Persaingan di Tempat Kerja? Ini Cara Jitu Menyikapinya




Ilustrasi: Memulai meniti karir di dunia kerja. (Ist.)
Ilustrasi: Memulai meniti karir di dunia kerja. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Bergaul di tempat kerja tidak seperti saat zaman kuliah. Meskipun di tempat kuliah juga terdapat saingan dengan teman kuliah kita, persaingan yang terjadi di tempat kerja mungkin akan sedikit berbeda.

Kompetisi itu akan selalu ada dan rasa kompetitif atau persaingan di tempat kerja itu sulit dihindari. Hal ini lumrah karena semua orang pasti ingin berlomba-lomba dalam berprestasi. Juga untuk mendapatkan posisi dan jabatan terbaik.

BACA JUGA:

Kita bisa saja menghadapi persaingan di tempat kerja setiap hari. Agar tidak bete dan merugikan dirimu sendiri, kamu perlu mengganti strategimu dengan pola pikir sehat agar tidak terseret dalam vibe yang tidak menyenangkan.

Semua orang punya keunggulan masing-masing

Daripada melihat rekan kerja sebagai saingan, rangkul mereka sebagai anggota tim. Setiap anggota tim memiliki keunggulan dalam bidang yang berbeda-beda. Akan menjadi hal yang menguntungkan bila kamu bisa bekerja sama dengan tim yang memiliki beragam kemampuan dan keterampilan.

Pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang berbeda-beda bila disatukan akan menjadi perpaduan tim yang hebat. Selain itu kamu bisa menciptakan lapangan kerja yang suportif dengan persaingan sehat.

Tidak perlu menjatuhkan orang lain

Kita harus paham tentang kemampuan diri kita sendiri sebelum memberikan penilaian pada orang lain atau rekan kerja. Bila kita mampu mengenali setiap potensi anggota tim, kita tidak akan menjatuhkan orang lain untuk mendapatkan posisi atau pekerjaan.

Motivasimu sangat berpengaruh

Persaingan di tempat kerja pasti dilandasi oleh sebuah motivasi yang kuat. Sebagai pekerja di sebuah perusahaan atau instansi, pastikan kamu mempunyai motivasi yang sehat dan kuat dalam bekerja sehingga tidak perlu merasa harus bersaing dengan rekan kerja.

Rasa kompetitif bisa menjadi kesempatan

Rasa kompetitif seharusnya digunakan untuk berkembang, tidak untuk menjatuhkan orang lain. Kamu bisa mempelajari pengetahuan baru dan menambah keterampilan daripada hanya sekadar mencari ‘musuh’ untuk bersaing di tempat kerja.

Proses dan bukan hasil saja

Tidak peduli apa yang menjadi di akhir, fokus yang terpenting terletak pada proses, bukan hasil. Kamu bisa bersosialisasi dengan banyak orang, menyelesaikan masalah dan lain-lain. Jadi, jangan menghalalkan segala cara demi hasil yang baik.

Persaingan di tempat kerja bisa menimbulkan gesekan dengan rekan sekerja, bahkan bisa membuat kesan yang tidak baik. Persaingan sebenarnya adalah melawan diri sendiri. Setiap hari kita perlu berkompetisi untuk menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri. Semangat!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*