5 Tip Jitu Lulus Masa Probation di Tempat Kerja yang Harus Kamu Tahu




Ilustrasi: Memulai meniti karir di dunia kerja. (Ist.)
Ilustrasi: Memulai meniti karir di dunia kerja. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Perjuangan berdarah-darah menyelesaikan skripsi telah berlalu. Wisuda pun sudah. Selamat datang di dunia kerja! Akhirnya masa mendebarkan melamar kerja juga berlalu karena di terima bekerja di tempat kerja impian. Sayangnya, belum bisa dinyatakan sebagai karyawan tetap di perusahaan karena harus menjalani masa probation.

Masa probation merupakan masa percobaan dalam jangka waktu tertentu, biasanya selama 3 hingga 6 bulan, yang harus dijalani seorang karyawan baru. Selama masa tersebut, pemimpin atau manajer di perusahaan akan menilai kinerja kita.

BACA JUGA:

Bila penilaian selama masa probation ini baik, maka kita bisa lanjut bekerja, sebaliknya, bila tidak, tentu saja kita harus siap-siap mencari lowongan kerja lain. Inilah lima tip jitu lulus masa probation yang harus kamu tahu.

Bekerja sungguh-sungguh

Bekerja dengan sungguh merupakan trik pertama. Apapun yang kamu lakukan akan mendapat penilaian dari atasan. Selain cara kerja, kamu juga akan mendapat penilaian pada bagian kedisiplinan. Pastikan kamu tidak datang terlambat ke kantor.

Target harian

Karyawan baru yang menjalani masa probation biasanya akan diberi proyek kerja. Agar proyek ini dapat diselesaikan dengan baik, kamu harus membuat target harian. Hal yang sama juga berlaku untuk hari esok, lusa, dan seeterusnya selama satu bulan. Hal ini dibuat untuk mengetahui sejauh mana progress kerjamu.

Jika masih jauh dari target, kamu bisa meningkatkan performa kerjamu sehingga pekerjaanmu bisa melebihi target harian. Dengan demikian proyek yang diberikan padamu dapat terselesaikan tepat waktu dengan hasil memuaskan.

Kembangkan kemampuan

Meskipun telah diberikan jobdesc tertentu, tidak ada salahnya kamu mengembangkan kemampuan di bidang lain yang  masih relate. Mengembangkan kemampuan akan mendapat penilaian tersendiri bahwa kamu tipe orang yang mau belajara sepanjang masa.

Kenali budaya kerja di perusahaan

Setiap perusahaan mempunyai budaya kerja masing-masing. Tidak hanya tentang budaya waktu dan budaya kerja saja, tetapi juga keseharian di kantor. Kamu harus sudah mengenali budaya kerja di perusahaan pada satu bulan pertama. Caranya dengan mengamati dan bertanya pada senior di kantor.

Jangan malu bertanya

Bila kamu bingung dan belum tau cara mengerjakan tugas yang diberikan padamu, kamu bisa bertanya. Diam saja tidak akan menyelesaikan masalah yang dihadapi. Sebelum bertanya, pastikan kamu telah mencari tahu dan mencoba sendiri, ya. Jangan sedikit-sedikit tanya, sebab hal tersebut dapat membuat kawan kerjamu bad mood.

Bila kamu dalam masa probation saat ini atau sedang melamar kerja, pastikan lima tip di atas telah kamu kuasai agar kamu segera diangkat menjadi pegawai tetap di perusahaanmu. Semangat, ya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*