Panduan Jitu Mencari Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah, Cekidot!




JAKARTA, KalderaNews.com – Lulus menjadi sarjana dan wisuda bukanlah akhir adari segalanya. Sebaliknya, ini merupakan awal perjalanan karier. Lulus kuliah merupakan gerbang memasuki dunia kerja yang penuh tantangan.

Namun, mencari kerja tidak semudah itu. Menurut banyak orang mencari kerja adalah gampang-gampang susah. Tidak semua orang langsung bisa menemukan impian setelah lulus sarjana. Inilah panduan jitu mencari pekerjaan setelah lulus kuliah. Simak, yuk!

BACA JUGA:

Apa pekerjaan impianmu

Untuk mencari tahu hal ini, kamu bisa menanyakan pada dirimu sendiri: pekerjaan apakah yang kamu gemari. Misalnya bila kamu hobi menulis, kamu bisa mulai menekuni dunia penulisan dengan menjadi copywriter, content writer, atau jurnalis. Jika kamu hobi mengatur kegiatan, kamu bisa bekerja menjadi event organizer. Nah, sekarang tanyakan pada dirimu sendiri: apa yang kamu suka?

Bedakan CV berdasar pekerjaan

CV tidak harus satu. Kamu bisa membuat beberapa CV untuk melamar di beberapa bidang pekerjaan yang mungkin tidak sesuai dengan jurusanmu. Bisa saja kamu jurusan teknik, tetapi kamu mahir fotografi, maka buatlah 2 CV, satu CV untuk melamar pekerja di bidang manajemen dan satu CV untuk bukti karier kepenulisan.

Buat CV semenarik mungkin

Salah satu kunci diterima bekerja adalah dengan membuat CV semenarik mungkin. Kamu bisa membuatnya sesuai dengan kepribadian kamu agar pihak HRD juga bisa menilai karaktermu.

Buat CV dengan info detail

Tidak hanya menarik, CV juga harus mengandung informasi yang detail. Mulai dari biodata, pengalaman kerja, pendidikan, hingga prestasi yang pernah kamu buat.

Gunakan alamat e-mail professional

Agar dinilai sebagai lulusan sarjana dan siap kerja, kamu bisa mencantumkan alamat surat elektronik misalnya menggunakan namamu. Jangan memakai alamat email yang kekanakan atau alay seperti misalnya g4dizchubbi3@email.com atau akoeanakimoets@email.com

Jangan terlalu picky

Kamu adalah fresh graduate yang masih membutuhkan banyak pengalaman, jadi sebaiknya kamu mengirimkan CV ke beberapa perusahaan sekaligus dan jangan hanya menargetkan satu perusahaan idaman saja karena bisa jadi rezekimu ada di tempat lain.

Well-groomed

Untuk mencari pekerjaan, kamu juga harus pandai merawat diri. Paling tidak, kamu bisa mengenakan pakaian terbaik saat akan wawancara atau sekadar mengantar lamaran pekerjaan hingga proses wawancara.

Gunakan aplikasi kerja

Jangan lupakan teknologi! Di zaman sekarang banyak aplikasi pencari kerja yang sangat ampuh, mulai dari LinkedIn, Jostreet, hingga aplikasi lainnya. Masukkan saja CV dan mulai melamar sesuai kriteria yang kamu inginkan.

Tingkatkan ketrampilan

Sambil menunggu surat lamaranmu mendapatkan respon, kamu dapat meningkatkan keterampilan sesuai bidang yang kamu telah punya atau bidang yang akan kamu geluti.

Manfaatkan network

Jika ada temanmu yang sudah mendapatkan pekerjaan, tidak ada salahnya kamu menghubungi mereka untuk bertukar informasi. Bisa juga kamu memanfaatkan jejaring alumni untuk mandapatkan informasi lowongan pekerjaan, misalnya.

Demikianlah sepuluh panduan jitu untuk mendapatkan pekerjaan bagi fresh graduate. Masa menunggu memang kadang terasa membosankan, tetapi kamu harus tetap semangat. Dan yang terpenting, jangan lupa berdoa!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*