Ternyata Ini Daftar Pekerjaan Untuk Fresh Graduate Semua Jurusan

Perlu mempersiapkan diri secara cermat saat menjalani wawancara virtual lamaran kerja (Straits Times)

JAKARTA, KalderaNews.com – Menjadi mahasiswa tingkat akhir pasti mulai terpikir mencari pekerjaan. Demikian juga ketika lulus kuliah, mendapatkan pekerjaan pasti menjadi hal pertama yang selalu mengganggu di benak kita. Ini merupakan hal yang wajar mengingat saat ini lapangan pekerjaan tidak sebanyak dahulu dan lulusan sarjana sangat banyak.

Agar tidak bingung dengan jenis pekerjan yang sesuai denganmu, inilah daftar pekerjaan yang cocok untuk fresh graduate bagi semua jurusan.

BACA JUGA:

Bekerja di bank

Bekerja di bank tidak memerlukan latar belakang ilmu tertentu. Jurusan pendidikan atau pertanian dapat mencoba melamar di bank dan mendapat kesempatan diterima.

Menjadi tenaga administrasi

Sekarang ini, banyak perusahaan kecil, industri rumahan, hingga toko-toko yang membuka lowongan admin. Sebagai fresh graduate kamu dapat melamar menjadi tenaga admin. Tidak diperlukan latar belakang ilmu khusus untuk posisi ini, hanya diperlukan syarat teliti, rapi, dan menyukai angka.

Sales

Sales juga merupakan pekerjaan yang cocok untuk fresh graduate yang dapat dimasukai oleh semua jurusan. Berbeda dengan petugas admin, seorang sales lebih menawarkan jenjang karier dan prospek gaji yang tinggi. kamu juga tidak perlu berdiam diri di depan meja setiap harinya. Sales justru memiliki mobilitas yang tinggi dan kerap bertemu dengan orang baru.

Agen asuransi

Selain marketing, pekerjaan untuk fresh graduate yang bisa ditekuni oleh semua jurusan dan menawarkan gaji tinggi adalah pegawai atau agen asuransi. Kriterianya pun hampir  sama dengan marketing, yakni kamu harus seorang yang pandai bicara, pandai bernegosiasi, tidak emosian, dan juga memiliki wawasan yang luas.

Karyawan di sekolah

Bila kamu ingin bekerja di sekolah tetapi belum percaya diri dalam mengajar, kamu bisa melamar menjadi petugas TU dan membantu kelancaran administrasi sekolah. Posisi ini tidak meminta syarat jurusan tertentu.

Guru di sekolah swasta

Meskipun kamu tidak kuliah di jurusan pendidikan, atau misalnya kamu kuliah kimia murni, dan bukan pendidikan kimia, kamu masih mempunyai peluang untuk menjadi pengajar di sekolah. Akan lebih mudah lagi jika kamu menjadi pengajar di sekolah swasta dalam jenjang sekolah dasar.

Bekerja di koperasi

Banyak para fresh graduate tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali berbondong-bondong melamar di koperasi. Alasannya, sangat mudah untuk masuk ke sana karena tidak meminta syarat jurusan khusus.

Menjadi Public Relation

Bekerja sebagai seorang PR atau Public Relation tentu tidak membutuhkan jurusan yang spesifik, misalnya hanya menerima dari jurusan komunikasi saja. Bahkan dari jurusan kesehatan seperti perawat pun kamu juga bisa bekerja sebagai Public Relation asal memiliki jaringan yang luas dan mampu berkomunikasi dengan baik.

Menjadi Customer Service atau Telemarketing

Posisi Customen Service atau telemarketing banyak dicari perusahaan. Posisi ini tidak memerlukan latar belakang pendidikan khusus.

Membuka usaha sendiri

Selain melamar pekerjaan, membuka usaha sendiri sangat bisa dilakukan semua orang dari banyak jurusan. Membuka usaha tidak membutuhkan latar belakang keilmuan khusus, melainkan modal dan intuisi bisnis dan mental yang bagus.

Sepuluh posisi pekerjaan tersebut di atas terbuka untuk para fresh graduate dari semua jurusan. Dengan gambaran di atas, posisi pekerjaan apa yang menjadi incaranmu?  

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*