Inilah Jenis Soal Psikotes yang Harus Kamu Ketahui Untuk Melamar Kerja




Simak Cara Melamar Kerja
Ilustrasi: Simak Cara Melamar Kerja

JAKARTA, KalderaNews.com – Setelah lulus dan wisuda, kini saat nya melamar pekerjaam yang telah lama diidamkan. Selain persiapan berkas dan dokumen, serangkaian tes yang akan dihadapi juga harus disiapkan. Salah satunya adalah tes psikotes.

Tes psikotes merupakan salah satu jenis tes yang akan kita hadapi saat kita mengikuti seleksi melamar pekerjaan. Agar bisa lolos dan mendapatkan pekerjaan dan karier impian, kita harus bisa mengerjakan tes psikotes ini dengan maksimal.

BACA JUGA:

Tes psikotes terdiri dari beberapa jenis tes yang harus kamu hadapi satu per satu. Inilah beberapa jenis soal psikotes yang perlu kamu ketahui untuk keperluan melamar kerja.

Penalaran Logika Aritmatik

Tes yang satu ini digunakan untuk mengetahui kemampuanmu dalam melakukan analisis suatu pola tertentu. Pada bagian tes yang satu ini, kamu akan dihadapkan pada soal-soal dengan deretan gambar baik dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi.

Wartegg

Tes Wartegg merupakan jenis tes psikotes yang ditemukan oleh Ehrig Wartegg. Pada tes ini kamu akan berhadapan dengan 8 kotak yang memuat pola yang berbeda. Kamu akan diminta untuk membuat gambar imajinatif dari pola yang ada di setiap kotak.

Analog Verbal Test

Tes ini dilakukan untuk menguji kemampuan menghadapi sebuah situasi dan memahami sebab akibat terjadi suatu masalah. Tes ini terdiri dari 40 soal yang memuat analog, sinonim serta antonym dari suatu kata.

DAM (Draw a Man)

Tes yang satu ini dilakukan untuk menguji bagaimana kepercayaan diri, tanggung jawab, serta kestabilan saat bekerja. Sesuai dengan namanya, pada tes ini kamu akan diminta untuk menggambar seorang manusia dan kamu harus mendeskripiskan apa yang kamu gambar.

EPPS

EPPS merupakan kependekan dari Edwards Personal Preference Schedule. Tes ini dilakuak untuk menilai kepribadianmu. Di sini kamu akan dibeirkan pertanyaan dan dua pilihan jawaban. Kamu harus memilih salah satu dan dari pilihanmu tersebut, dapat dilihat bagaimana kepribadianmu.

Kraeplien/Pauli

Tes Kraeplien/Pauli merupakan tes yang akan menguji ketelitianmu. Pada tes ini kamu akan dihadapkan pada deretan angka yang tersusun dari atas ke bawah. Kamu akan diminta untuk menjumlahkan angka-agka tersebut dan waktu yang disediakan sangat terbatas.

Army Alpha Inteligence

Test ini digunakan untuk mengukur kemampuanmu dalam menangkap perintah yang diberikan. Tes ini terdiri dari 12 soal yang berupa kombinasi deret angka maupun bisa juga berupa bentuk dan setiap soal dalam tes ini saling berhubungan.

Tujuh jenis soal psikotest kerja di atas merupakan jenis soal yang akan kamu hadapi saat proses seleksi dan melamar kerja. Pastikan kamu telah tenang dan teliti saat mengerjakan soal psikost tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Good luck, ya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*