Bukan Arab, Inilah 5 Daerah Terpanas di Dunia

Hari Tanpa Bayangan.
Terik matarahi di siang hari (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat mempelajari geografi atau ilmu bumi, kita tahu peta menunjukkan bahwa wilayah bumi terdiri lebih banyak wilayah perairan daripada daratan. Namun demikian, di bumi ini terdapat daerah-daerah yang panasnya melebihi daerah lain.

Daerah terpanas awalnya kita kenali ada di Arab Saudi, bukan? Sebenarnya inilah lima daerah terpanas yang ada di muka bumi.

BACA JUGA:

Ghadames, Libya

Daerah ini merupakan kota yang memiliki penduduk mencapai 1000 jiwa. Adapun cara para penduduk kota tersebut bertahan dari panas yang terik adalah dengan membangun rumah dari lumpur yang mampu menyerap panas. Hal ini menjadikan Ghadames sebagai salah satu warisan budaya dunia yang diaku UNESCO.

Dallol, Ethiopia

Kota Dallol merupakan daerah terpanas dengan suhu udara mencapai 41 derajat Celcius setiap harinya. Selain karena letak geografisnya, kota yang hancur akibat aktivitas pertambagan ini juga punya air mancur panas dari gas dan berada di atas area vulkanik yang aktif. Mantap panasnya, ya!

Death Valley, Amerika Serikat

Daerah ini merupakan bagian dari wilayah Gurun Mojave yang terletak di Negara Bagian California. Suhu rata-rata di daerah tersebut mencapai 47 derajat Celsius. Nama Death Valley tampaknya sesuai dengan kondisi daerah tersebut karena Lembah Kematian ini memang panasnya luar biasa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*