Lagi Bingung Cari Kampus? 9 Kampus Milik BUMN Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu




Ilustrasi: Mahasiswa dan mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). (KalderaNews.com/Dok.UISI)
Ilustrasi: Mahasiswa dan mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). (KalderaNews.com/Dok.UISI)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu sedang galau menentukan pilihan kampus untuk melanjutkan pendidikan tinggi? Jangan bingung-bingung. Saat ini ada beragam pilihan kampus sesuai minat dan bakat kamu.

Kampus milik Badan Usaha Milik Negara bisa jadi pilihan kamu. Kampus-kampus ini tentu memiliki keterkaitan erat dengan pengelola. Keuntungannya, kamu bisa memiliki akses untuk penelitian atau magang bersama perusahaan-perusahaan plat merah alias milik pemerintah.

BACA JUGA:

Nah, inilah 9 perguruan tinggi yang tergabung dalam Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara yang bisa menjadi pilihan kamu:

Universitas Pertamina (UP)

Universitas Pertamina (UP) merupakan kampus di bawah naungan PT Pertamina. Diresmikan pada 2016, UP memiliki 15 program studi jenjang strata 1 yang tersebar di 6 fakultas. Tak hanya rumpun Saintek, kampus yang berlokasi di Jakarta ini juga memiliki program studi yang termasuk rumpun Soshum. Beberapa program studi tersebut adalah Teknologi Eksplorasi dan Produksi, Sains dan Ilmu Komputer, serta Komunikasi dan Diplomasi.

Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)

Universitas Internasional Semen Indonesia menerapkan konsep Practice Based Education dalam pembelajaran untuk mengakselerasi potensi mahasiswa. Kampus yang berada di bawah naungan PT Semen Indonesia ini menawarkan fasilitas live laboratory serta dukungan praktik bisnis, antara lain di bidang teknologi semen, logistik dan distribusi, serta tata kelola perusahaan. Terletak di Gresik, Jawa Timur, UISI mempunyai 10 program studi di 3 fakultas, mulai dari Akuntansi sampai Desain Komunikasi Visual.

Telkom University (Tel-U)

Berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Telkom University atau yang dikenal Tel-U memiliki 7 fakultas dengan 30 program studi. Selain program sarjana, Tel-U juga menawarkan program vokasi dan pascasarjana. Kampus di bawah kelola PT Telekomunikasi Indonesia ini memfasilitasi berbagai riset yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Tersedia 5 pusat riset, salah satunya Digital Business Ecosystem (DBE) yang aktif dalam penelitian untuk mendukung kegiatan ekonomi yang efisien melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos)

Di bawah naungan PT Pos Indonesia, Politeknik Pos Indonesia didirikan pada 2001. Poltekpos mempunyai 6 program studi yang terbagi menjadi Diploma 3 dan Diploma 4, yaitu Logistik Bisnis, Manajemen Bisnis, Teknik Informatika, Manajemen Infomatika, Akuntansi, dan E-Commerce Logistics. Berlokasi di Bandung, Jawa Barat, kampus ini memiliki visi menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul dalam bidang logistik dan manajemen rantai pasok.

Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (Stimlog)

Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (Stimlog) mulai beroperasi di tahun akademik 2013/2014. Stimlog menjadi perguruan tinggi manajemen logistik untuk jenjang S1 yang pertama di Indonesia. Kampus milik PT Pos Indonesia ini memiliki 2 program studi, yaitu Manajemen Transportasi dan Manajemen Logistik. Kampus ini juga berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS)

Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) berada di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia. Kampus yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini mengembangkan pendidikan berstandar internasional di bidang sains, teknologi, rekayasa, dan matematika yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Tersedia 8 program studi yang dapat dipilih mahasiswa, di antaranya Rekayasa Perangkat Lunak, Bisnis Digital, dan Teknik Logistk.

Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (IT-PLN)

Kampus ini berada di bawah kelola PT Perusahaan Listrik Negara. Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (IT-PLN) didirikan untuk menghasilkan tenaga terampil dari disiplin keteknikan sipil, elektro, mesin, dan informatika. Tersedia beragam program studi yang tersebar di 4 fakultas. Selain program studi di jenjang sarjana, IT PLN juga memiliki program studi di jenjang diploma dan pascasarjana.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) Institute

BRI Institute memiliki 6 program studi yang terbagi menjadi 5 prodi berbasis teknologi informasi dan 1 prodi bisnis. Salah satu prodi berbasis teknologi informasi adalah Sistem Teknologi Informasi dengan konsentrasi Micro Finance, sedangkan Entrepreneurship dengan kekhususan Technopreneur merupakan prodi bisnis. Kampus ini fokus pada bidang teknologi finansial (fintech). Lulusannya tak hanya diharapkan menguasai teknologi informasi, tapi juga terampil di bidang keuangan.

Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP)

Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) merupakan kampus yang berada di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia. Berlokasi di Purwokerto, Jawa Tengah, ITTP fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan yang berbasis teknologi informasi. Kampus ini memiliki 11 program studi yang tersebar di 3 fakultas. Sebanyak 10 program studi merupakan jenjang sarjana, di antaranya Teknik Biomedis, Teknik Informatika, dan Sains Data. Sementara 1 program studi merupakan jenjang diploma, yakni Teknik Telekomunikasi.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*